English English Indonesian Indonesian
oleh

Tarik Ulur PTM dan PJJ di Tengah Pandemi

Virus Covid-19 harusnya terlokalisasi karena tidak ada pergerakan yang signifikan antarwilayah. Di dalam tinta emas sejarah Islam, ini pernah dicontohkan oleh Khalifah Umar bin Khaththab. Karantina wilayah juga diperintahkan Rasulullah saw, sebagai bukti bahwa Islam mengutamakan kesehatan rakyatnya.

Umar bin Khaththab ra. menempuh perjalanan menuju Syam. Ketika sampai di Sargh, Umar mendapat kabar bahwa wabah sedang menimpa wilayah Syam.

Abdurrahman bin Auf mengatakan kepada Umar bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, β€œBila kamu mendengar wabah di suatu daerah, maka kalian jangan memasukinya. Tetapi jika wabah terjadi wabah di daerah kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.”

Lalu Umar bin Khaththab berbalik arah meninggalkan Sargh. Untuk kondisi sekarang, jika tidak dimungkinkan PTM, pemerintah harusnya memanfaatkan teknologi dan memastikan seluruh siswa bisa memanfaatkan dengan maksimal selama melakukan PJJ dan dibarengi dengan kebijakan karantina wilayah secara ketat.

Dengan kebijakan yang tidak tergesa-gesa, tepat sasaran, dan teratur rakyat terlindungi dan merasa aman untuk terpenuhinya kebutuhan pendidikan dan kesehatan mereka. (*)

News Feed