English English Indonesian Indonesian
oleh

Mesir Pasar Terbaik Kopi Robusta dari Indonesia

FAJAR, KAIRO — Kopi Robusta asal Indonesia merupakan salah satu jenis kopi yang paling digemari pecinta kopi di Mesir. Hal ini diungkapkan Dr.Hasan Sayed Haggag di sela-sela peresmian kafe Brazilian Coffee House/Bayt El Bon Brazili di kawasan Mohandessen, Giza, kemarin.

Turut hadir pada saat peresmian  antaranya Duta Besar RI untuk Mesir, Dr. Lutfi Rauf dan Duta Besar Ethiopia untuk Mesir, Hassan Ibrahim Musa.

“Ekspor kopi Indonesia ke Mesir masih didominasi oleh jenis kopi robusta. Warga Arab, khususnya warga Mesir dan sekitarnya tidak dapat menikmati kelezatan Turkish Coffee tanpa adanya campuran robusta Indonesia,” ungkap Dr. Hasan Haggag yang juga memiliki pabrik pengolahan kopi Golden Coffee bean di Bandar Lampung.

Lebih lanjut, Haggag menyampaikan, Turkish Coffee atau Kopi Turki adalah metode penyeduhan kopi unik dan tradisional yang berasal dari Turki dan telah dinikmati selama berabad-abad di Timur Tengah, Balkan, dan sebagian Afrika Utara. Dikenal karena rasanya yang kuat, aromanya yang kaya, dan teksturnya yang kental dan lembut dengan campuran kopi Robusta 80 persen dan Arabika 20 persen.

Haggag menambahkan, kopi diseduh dalam pot khusus yang disebut ibrik dan saat memanas, kopi akan mulai berbusa dan mengembang di dalam ibrik. Proses pembusaan ini merupakan bagian penting dalam pembuatan kopi Turki dan kopi Robusta Indonesia berkontribusi memberi rasa dan tekstur yang unik.

Dubes RI untuk Mesir, Lutfi Rauf dalam peresmian kedai kopi ini merasa senang karena nun jauh di Indonesia, ada peran dan kontribusi petani kopi memproduksi kopi Indonesia khususnya Robusta yang dipasarkan secara masif di Mesir.

News Feed