English English Indonesian Indonesian
oleh

Arus Balik Lebaran, Pelindo Regional 4 Catat Lima Pelabuhan Terpadat di KTI

FAJAR, MAKASSAR – Lebaran telah usai. Masyarakat Indonesia kembali menjalani aktivitasnya masing-masing. Bagi mereka yang merantau ke kampung halamannya, hari raya berakhir artinya saatnya balik untuk bekerja lagi mengais rezeki.

Pelabuhan sebagai salah satu pintu masuk dan keluar pun kembali dipadati masyarakat yang balik dari daerah masing-masing untuk pulang ke perantauan, dan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 sebagai pengelola 22 pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) kembali mengantisipasi arus balik usai disibukkan dengan arus mudik Lebaran hingga H-1 lalu.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan, mengantisipasi arus balik Lebaran tahun ini pihaknya terus berkoordinasi dengan semua instansi terkait khususnya instansi di area semua pelabuhan yang dikelola Pelindo di Regional 4.

“Peningkatan layanan, pengamanan dan monitoring terus kami lakukan, agar arus balik kali ini tetap berjalan aman, nyaman, tertib, dan lancar seperti pada arus mudik lalu,” kata Abdul Azis, Selasa, 16 April 2024.

Pengawasan yang dilakukan menurut dia, menjadi satu dalam sebuah Posko Bersama Mudik Lebaran Tahun 2024 yang terdiri dari semua instansi terkait yang ada di wilayah pelabuhan. Seperti Kantor Otoritas Pelabuhan, Kantor Syahbandar, Pelindo, Kantor Navigasi, dan beberapa instansi lainnya.

Pelindo Regional 4 sendiri memprediksi puncak arus balik di semua pelabuhan kelolaan akan terjadi pada H+10 Lebaran atau Sabtu, 20 April nanti.

“Di saat itu, kami juga memperkirakan arus kapal dan penumpang terbanyak akan terjadi saat puncak arus balik tersebut,” sebutnya.

News Feed