English English Indonesian Indonesian
oleh

Biden Langsung Kecam Iran, Israel Minta PBB Segera Rapat Darurat

TEHERAN, FAJAR–Presiden AS Joe Biden yang memang sekutu dekat Israel langsung melontarkan kecaman pada Iran. Dia juga mengklaim hampir semua drone dan rudal Iran berhasil dilumpuhkan.

’’Iran dan proksinya yang beroperasi di Yaman, Suriah, dan Irak telah melancarkan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap fasilitas militer di Israel. Saya mengutuk keras serangan ini,’’ kata Biden, seperti dilansir oleh AFP.

Biden menyatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, dia telah menginstruksikan penerbangan pesawat militer dan pengiriman kapal perusak pertahanan rudal balistik AS ke Timur Tengah. Sebab, AS mengetetahui ada ancaman serangan Iran terhadap Israel.

’’Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa anggota militer kami, hampir semua drone dan rudal Iran berhasil dihancurkan,’’ kata Biden.

Meski Israel mengeklaim berhasil menghalau serangan Iran, negara Zionis itu meminta DK PBB untuk menggelar rapat darurat. Permintaan tersebut dilayangkan melalui surat resmi yang dikirimkan Duta Besar Israel untuk PBB kepada Presiden Dewan Keamanan PBB Vanessa Frazier.

’’Serangan Iran merupakan ancaman serius terhadap perdamaian dan keamanan global. Saya berharap Dewan Keamanan akan menggunakan segala cara untuk mengambil tindakan nyata terhadap Iran,’’ kata Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan melalui X.

Di sisi lain, Iran pun menggunakan Pasal 51 Piagam PBB untuk melegitimasi serangan ke Israel. Mereka menyebut serangan itu adalah balasan atas kekejaman Israel di Damaskus.

News Feed