English English Indonesian Indonesian
oleh

Presiden Ukraina Zelensky Akui akan Kalah Perang Melawan Rusia jika AS tak Segera Berikan Bantuan

FAJAR, KIEV—Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina akan kalah perang melawan Rusia jika Kongres AS tidak menyetujui paket bantuan militer dalam jumlah besar.

Saat ini, pasukan Rusia meningkatkan tekanan mereka terhadap kota yang berada di garis depan.

Militer Ukraina mengakui bahwa pertempuran di sekitar garis depan kota Chasiv Yar berlangsung sulit, namun bersikeras bahwa pasukannya melakukan perlawanan.

Ukraina semakin mendesak agar Amerika Serikat mulai mengirimkan paket bantuan senilai $60 miliar yang diusulkan, namun telah diblokir oleh Partai Republik di Kongres selama berbulan-bulan.

“Penting untuk secara khusus memberi tahu Kongres bahwa jika Kongres tidak membantu Ukraina, Ukraina akan kalah perang,” kata Zelensky dalam pertemuan video dikutip dari France24.

Menurutnya, akan sulit bagi Ukraina untuk bertahan tanpa bantuan. “Jika Ukraina kalah perang, negara-negara lain akan diserang,” tegasnya.

Di tengah meningkatnya serangan udara oleh kedua belah pihak, Rusia mengatakan satu pesawat tak berawak Ukraina telah menghantam pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia yang didudukinya tak lama setelah melancarkan invasi pada tahun 2022. (amr)

News Feed