English English Indonesian Indonesian
oleh

Presiden Jokowi ke Ukraina Menumpang Kereta, Begini Jaraknya dari Lokasi Ledakan

FAJAR, JAKARTA — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diagendakan untuk melakukan kunjungan ke Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia. Sesuai agenda, Jokowi akan menumpang kereta api di Kiev.

Komandan Paspampres, Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, pihak militer Ukraina juga akan ikut serta mengawal Presiden Jokowi selama di kereta api. Hanya saja, Paspampres akan membatasi jumlahnya.

Pihak Paspampres juga yang akan melakukan pendeteksian kerawanan wilayah di Kiev. Mayjen Tri mengatakan, wilayah yang akan dikunjungi Presiden Jokowi aman karena berjarak 380 km dari ledakan terdekat di wilayah Donetsk.

“Mereka (Rusia) masih melakukan serangan memang di seputaran Donetsk, itu saja. Jadi alhamdulillah masih jauh dari Kiev. Sebelum kereta api jalan, 3 jam sebelumnya, kami siapkan tim deteksi. Alhamdulillah kami juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus, Denjaka dan Paskhas. Alhamdulillah kami percaya diri,” tutur Mayjen Tri.

Untuk pengamanan, Presiden Jokowi ke Ukraina akan memakai rompi antipeluru, sedangkan paspampres membawa senjata laras panjang.

Kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke negara kawasan Eropa timur itu untuk
menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia.

Rencananya, kunjungan ke kedua negara itu akan dilakukan Presiden Jokowi usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman 26-28 Juni 2022.

Melansir JPNN.Com, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menyiapkan pelindung kepala, rompi antipeluru, serta akan membawa senjata laras panjang, guna melindungi Presiden Jokowi selama kunjungan di wilayah perang Kiev, Ukraina, akhir Juni 2022. (jpnn/fajar)

News Feed