English English Indonesian Indonesian
oleh

Sivitas Akademika Unhas Dapat Mengakses SAGE Journals dan SAGE Research Methods, Ini Caranya

FAJAR, MAKASSAR-SAGE Journals dan SAGE Research Methods dapat diakses oleh Sivitas Akademika Unhas. Hal ini untuk menghadirkan bacaan yang berkualitas di lingkungan akademika.

“Untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas, diperlukan bahan bacaan atau artikel yang berasal dari jurnal yang berkualitas juga,” demikian disampaikan oleh Prof. drg. Muhammad Ruslin, Sp.BM(K), M.Kes, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin saat membuka Sosialisasi Penggunaan SAGE Journal dan Research Methods pada Rabu, 3 April 2024.

Setelah Unhas berlangganan ScienceDirect dari Elsevier, sivitas akademika Unhas juga dapat mengakses SAGE Journals dan SAGE Research Methods hingga akhir bulan Juni 2024. Dr. Fierenziana G. Junus, M.Hum juga menyebutkan, pada tahun ini akan ada tiga pangkalan data terkemuka dunia yang bisa diakses oleh Sivitas Akademika Unhas, yaitu ScienceDirect, SAGE, dan EBSCO.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Prof. Ruslin dan Dr. Fierenz tersebut di atas, Mutiara Choiriyah-Library Sales Executive for Vietnam, Indonesia, and Philippines sebagai narasumber memaparkan tantangan dan kesempatan di ekosistem riset saat ini.

Ia menekankan bahwa luaran riset yang lebih baik akan berdampak terhadap reputasi dan perangkingan kampus yang lebih tinggi. Dari reputasi yang lebih tinggi ini akan membawa kampus kepada grant riset yang lebih tinggi dan lebih banyak sumber daya dari peningkatan aplikasi mahasiswa. Kedua hal ini pada gilirannya akan kembali berdampak pada luaran riset yang lebih baik lagi dan reputasi dan peringkat kampus yang lebih tinggi lagi.

Pada titik inilah SAGE Journals hadir dan SAGE Research Methodsuntuk berkontribusi dalam meningkatkan luaran riset yang lebih baik itu. Kabar baiknya adalah Unhas berkesempatan untuk mendapatkan akses penggunaan (trial access) terhadap dua sumber daya tersebut mulai maret hingga Juni 2024. Ini merupakan kesempatan berharga buat sivitas akademika Unhas yang mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya.

SAGE Journals adalah platform yang menampung sebanyak 1.235 jurnal SAGE dengan cakupan komprehensif dalam bidang humaniora dan ilmu sosial, termasuk beberapa jurnal teknik, teknologi, dan kedokteran, yang memberikan akses ke artikel penelitian yang tepat waktu, berkualitas tinggi, dan telah melalui proses penelaahan sejawat di bidang disiplin ilmu. Akses gratis khusus sivitas akademika Unhas dapat diperoleh dengan mengunjungi https://journals.sagepub.com menggunakan nama pengguna: 1000467883 dan kata kunci: SaGe@2024!

SAGE Research Methods adalah alat pendukung untuk penelitian dengan basis datapustaka, yang didedikasikan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan proyek penelitian yang efektif.Metode penelitian multidisiplin dengan tips dan panduan untuk para peneliti. Akses gratis khusus sivitas akademika Unhas dapat diperoleh dengan mengunjungi https:methods

Kedua platform ini dapat diakses oleh sivitas akademika Unhas baik dari dalam lingkungan kampus dan juga dari luar kampus.Akses dari luar kampus dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mendaftar pada platform tersebut menggunakan email berdomain unhas.ac.id.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman Perpustakaan Unhas pada library.unhas.ac.id atau Instagram Perpustakaan Unhas pada @unhas_library atau dapat menghubungi pustakawan Unhas di Perpustakaan atau ruang baca di setiap fakultas.

Mahasiswa dan dosen Unhas sebagai pengguna platform dengan dukungan dari kedua sumber daya berkualitas ini akan dapat menghasilkan riset berkualitas tinggi pula. Hal ini akan berdampak pada ranking dan reputasi Unhas yang lebih tinggi di masa depan. (*/)

News Feed