English English Indonesian Indonesian
oleh

Optimalkan Peran Saudagar Bugis-Makassar Perkuat Ekonomi Sulsel Melalui PSBM XXIV

FAJAR, MAKASSAR — Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIV akan digelar di Hotel Four Points, Makassar, pada 20-21 April mendatang.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana PSBM XXIV, Satriya Madjid menuturkan, bahwa PSBM menjadi wadah silaturahmi pengurus dan warga KKSS, tokoh masyarakat, pemerintah provinsi Sulsel, pengurus, dan anggota Kadin, pemerintah kota dan pemerintah daerah se-Sulsel, serta masyarakat Sulsel secara umum.

“PSBM XXIV yang dirangkaikan dengan halalbialal pengurus dan warga KKSS, pemprov dan pemda di Sulsel, pengurus dan anggota Kadin Sulsel bersama dengan tokoh masyarakat Sulsel,” ujarnya, Kamis, 4 April 2024.

Kata dia, forum ini juga diharapkan memberikan spirit dan motivasi lahirnya saudagar-saudagar muda yang lebih tangguh yang terus berpegang pada nilai-nilai luhur budaya Bugis-Makassar.

Apalagi tahun ini diprediksi akan diwarnai oleh dinamika ekonomi yang tidak menggembirakan karena terjadinya ketidakpastian ekonomi global yang mengakibatkan pelambatan permintaan global sebagai konsekuensi dari gejolak ekonomi dalam negeri beberapa negara yang menjadi destinasi ekspor utama Indonesia.

“Langsung atau tidak, hal itu berdampak signifikan terhadap ekonomi dalam negeri. Konsekuensi atas kenyataan di atas adalah upaya penguatan ekonomi domestik karena tidak mungkin selalu mengandalkan satu sektor ekspor saja,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini, perdagangan dan investasi masih membuka banyak peluang, tetapi sekaligus tantangan. Tantangannya adalah bagaimana meningkatkan konsumsi domestik di tengah kemungkinan adanya kenaikan harga bahan bakar, ketidakpastian iklim, dan kecenderungan kepada barang impor.

News Feed