English English Indonesian Indonesian
oleh

Gempa TaiwanSetara Gempa Sulteng 2018

NEW TAIPEI, FAJAR – Gempa 7,4 SR mengguncang Taiwan. Kekuatannya sama dengan gempa Sulteng 2018.

Badan Cuaca Pusat Taiwan melaporkan gempa terjadi pada pukul 07.58, Rabu, 3 April. Pusatnya berada pada kedalaman 15,5 Km di lepas pantai Timur Taiwan.

Sejumlah gedung di jalanan Taiwan ambruk, banyak di antaranya juga miring hingga hampir rata dengan tanah. Taiwan pun memiliki salah satu ikon gedung pencakar langit, yaitu Taipei 101.

Video yang tersebar di berbagai media juga memperlihatkan gedung setinggi 508 meter itu bergoyang kala gempa menghantam. 
Dilansir dari Agence France-Presse (AFP), gempa tersebut terasa di seluruh Taiwan.

Lebih dari 100 gempa susulan mengguncang pulau berpenduduk sekitar 23 juta jiwa tersebut.
Pusat gempa berada di wilayah Hualien bagian timur. Itu adalah wilayah pegunungan yang terkenal dengan jalan setapak dan pemandangan lautnya yang indah.

Setidaknya sembilan orang tewas dalam gempa tersebut (seluruhnya di Hualien), dengan tiga orang tewas di jalur pendakian dan dua orang tertimpa batu besar akibat tanah longsor di dalam kendaraan mereka.
Lebih dari 900 orang terluka di seluruh Taiwan. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah mengingat masih banyak warga yang disebut terjebak di dalam bangunan yang runtuh.

Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA) menyebut otoritas Taiwan masih mengumpulkan informasi lebih banyak soal detail korban. NFA dan Pusat Komando Darurat Pusat (CEOC) Taiwan menyebut sedikitnya 26 gedung atau bangunan dalam kondisi miring atau ambruk usai gempa mengguncang.

News Feed