English English Indonesian Indonesian
oleh

Diet Efektif Mengisi Ramadan

Selama bulan Ramadan ini sebagai umat muslim kita wajib berpuasa, menahan makan dan minum. Namun, tidak menjadi suatu halangan untuk tetap hidup sehat, menjaga pola makan yang sehat. Adapun cara mengatur pola makanan sehat selama bulan Ramadan dengan memakan makanan yang seimbang saat sahur seperti sayur-sayuran, telur, buah-buahan dan sejenisnya. Adapun pada saat berbuka puasa memakan makanan seperti kurma, buah-buahan, sup kaldu, kacang-kacangan, dan sejenisnya.

Ketiga, menghindari makanan berminyak. Untuk tetap menjaga keseimbangan tubuh serta menjaga berat badan kalian, hindari makanan yang telalu berminyak, seperti gorengan. Setelah menahan lapar seharian, Anda mungkin tergoda untuk langsung makan makanan berlemak, seperti gorengan, saat berbuka puasa. Di bulan puasa, Anda harus berhati-hati saat makan gorengan yang mengandung lemak jenuh karena dapat menyebabkan Anda bertambah berat badan.

Makanan kaya lemak tak jenuh tidak dapat meningkatkan kolesterol, jadi lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh daripada gorengan. Anda dapat mendapatkan lemak sehat dari makanan seperti kacang-kacangan, sayuran seperti bayam dan kubis, alpukat, dan ikan.

Keempat, menghindari makanan dengan gula tambahan. Untuk mengisi kembali energi yang hilang selama berpuasa, berbuka puasa dengan makanan manis bagus, tetapi jangan terlalu banyak. Karena puasa mengurangi produksi insulin, tubuh akan menyimpan terlalu banyak makanan dan minuman manis sebagai lemak. Tubuh menyimpan gula dalam bentuk lemak jika tidak diubah menjadi energi oleh insulin.

News Feed