English English Indonesian Indonesian
oleh

Anggota Kongres Amerika Sarankan Jatuhkan Bom Atom di Gaza seperti Hiroshima dan Nagasaki

FAJAR, WASHINGTON—Anggota Parlemen Michigan, Amerika Serikat, Tim Walberg (R-Mich.) mengatakan bahwa perang Israel-Hamas di Gaza harus seperti Nagasaki dan Hiroshima.

Pernyataan yang disampaikan dalam pertemuan balai kota itu  mengacu pada Amerika Serikat yang menggunakan bom atom terhadap Jepang, yang terjadi di akhir Perang Dunia II.

“Selesaikan dengan cepat,” kata Walberg dikutip dari RollingStone.

Menurut The Detroit News, kantor Walberg mengatakan bahwa komentarnya tentang serangan nuklir tersebut adalah metafora untuk mendukung pemusnahan kelompok pejuang Palestina, Hamas yang oleh AS dan Israel dianggap sebagai teroris.

Cuplikan video dari acara tersebut diposting di YouTube dan X, seperti yang ditunjukkan HuffPost. Beberapa komentarnya terdengar di cuplikan media sosial, meski ia tidak terlihat di depan kamera.

Walberg menyampaikan pernyataan tersebut setelah menolak gagasan memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza, wilayah Palestina, di mana separuh penduduknya berada dalam risiko kelaparan. “Kita seharusnya tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk bantuan kemanusiaan,” katanya.

Juru bicara Walberg mengatakan kepada The Detroit News bahwa tanggapannya adalah terhadap pertanyaan tentang pasukan AS yang dikerahkan untuk membangun pelabuhan guna mengirim bantuan kepada warga Palestina di Gaza.

“Anggota Kongres Walberg sangat tidak setuju dengan menempatkan pasukan kita dalam bahaya. Dia memiliki empati yang besar terhadap orang-orang tak berdosa di Gaza yang terjerumus ke dalam situasi ini akibat serangan yang dilakukan Hamas yang menyebabkan 1.163 warga sipil tak berdosa tewas,” kata Mike Rorke, juru bicara Walberg.

News Feed