English English Indonesian Indonesian
oleh

Cerita Desa Nepo Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Lewat Desa BRILian

FAJAR, BARRU  — Kabupaten Barru masuk 15 Desa Terbaik Program New Desa BRILian 2023. Desa Nepo yang terletak di Kecamatan Mallusetasi kampung Habibie kecil yang ditandai dengan adanya masjid yang dibangun pada masa Habibie, dan juga adanya tempat mandi-mandi beliau saat kecil.

Desa ini berpotensi pada sektor pertanian. Namun dikembangkan oleh aparat desa menjadi desa pariwisata. Sehingga bukan hanya maju di sektor pertaniannya, namun sektor pariwisata dan jasa juga diunggulkan. 

Sekadar diketahui, desa ini diresmikan pada 2021 sebagai Desa Wisata Kampung Habibie Kecil oleh Kementerian Pariwisata.

Di Desa Nepo ini ada Danau Pakue, Wisata Budaya Kompleks Makam Arung Nepo, Kampung Habibie Kecil, Wisata Alam Mattimboe, Goa Bola Batue.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nepo sudah ada sejak 2010 lalu. Namun aktif setelah bermitra dengan BRI pada 2023 ini.

Sejak itu, BUMDes Nepo ini memiliki jasa wedding organizer bisa meraup keuntungan Rp4 juta sampai Rp8 juta per bulannya. Kemudian pengelolaan pariwisata penghasilan bisa mencapai Rp1 juta per bulannya.

Kemudian penjualan hasil pertanian padi bisa menghasilkan Rp1,4 juta dalam satu kirim. Untuk kacang tanah dan jagung sementara digarap oleh BUMdes, ada juga madu.

Kepala Desa Nepo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Muhammad Toaha memilih BRI sebagai mitra karena hanya BRI yang hadir hingga pelosok. Bukan hanya berkantor di pelosok, tapi ada juga karyawannya yang mendatangi rumah ke rumah.

News Feed