English English Indonesian Indonesian
oleh

KKN Kebangsaan Bentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR— Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Republik Indonesia (RI) kembali memprogramkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun ini. Universitas Pattimura ditunjuk menjadi tuan rumah.

Rencananya akan digelar pada Juli-Agustus mendatang. Tahun ini, Dosen Fakultas Ilmu Politik dan sosial (Fisip) Unhas Makassar, Dr Hasrullah kembali sebagai ketua tim. Salah satu target pelaksanaan KKN Kebangsaan ini adalah membentuk karakter kepemimpinan mahasiswa.

Dr Hasrullah kepada FAJAR menuturkan, tahun ini mahasiswa KKN ditekankan untuk bisa melakukan pembentukan karakter kebangsaan. Mahasiswa di lokasi KKN dituntut harus berhasil membawa masyarakat mengetahui arti cinta tanah air.

Minimal mereka tau apa yang dimaksud kebangsaan dan nilai-nilai yang bisa diterapkan sehari-hari,” ujarnya.

Menurutnya, program yang diusung tersebut merupakan kekuatan besar yang akan melahirkan para pemimpin bangsa di masa depan. “Kami punya belasan program dengan target capaiannya, diyakini memberikan nilai lebih dalam pembentukan karakter sebagai pemimpin bangsa,” ucapnya.

Kendati demikian, tak sekedar melepas mahasiswa KKN ini. Namun juga menggandeng berbagai stakeholder seperti pemerintah, perusahaan hingga level terkecil seperti masyarakat adat atau tokoh yang juga akan memberikan penguatan.

“Ini rumpunnya kader-kader muda yang ke depan bisa melahirkan pemimpin-pemimpin. Jadi melalui KKN ini minimal tumbuh kader pemimpin bangsa dari KKN Kebangsaan ini,”tuturnya.

News Feed