English English Indonesian Indonesian
oleh

Atlet Rusia Dilarang Tampil di Upacara Pembukaan Olimpiade Paris

FAJAR, PARIS—Komite Olimpiade, IOC mengecualikan atlet Rusia dan Belarusia untuk ambil bagian dalam upacara pembukaan Olimpiade Paris.

Atlet Rusia dan Belarusia tidak akan diizinkan mengambil bagian dalam parade tradisional pada upacara pembukaan Olimpiade Paris sebagaimana pengumuman IOC pada Selasa waktu setempat.

Upacara pembukaan pada tanggal 26 Juli akan menampilkan ribuan atlet. Mereka akan melakukan perjalanan dengan perahu menyusuri Sungai Seine sejauh beberapa mil (kilometer) menuju Menara Eiffel.

Ini adalah model upacara pembukaan Olimpiade yang berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Pada Olimpiade sebelumnya, upacara pembukaan dan parade tim digelar di dalam stadion.

Dikutip dari The Hindustan Time, Komite Olimpiade Internasional mengatakan para atlet dari Rusia dan Belarusia yang disetujui untuk berkompetisi di Olimpiade sebagai atlet netral hanya akan memiliki kesempatan menonton dari dekat sungai.

Keputusan IOC mengikuti Komite Paralimpiade Internasional yang dua minggu lalu mengumumkan larangan upacara pembukaannya untuk atlet Rusia dan belarusia di Paris pada 28 Agustus.

Rusia dan Belarus dilarang mengikuti olahraga beregu di Olimpiade karena perang di Ukraina dan IOC telah menetapkan prosedur pemeriksaan dua langkah agar atlet individu dari negara-negara tersebut diberikan status netral.

Para atlet tersebut pertama-tama harus mendapat persetujuan dari badan pengelola olahraga masing-masing dan kemudian oleh panel peninjau yang ditunjuk IOC.

Atlet netral tidak boleh secara terbuka mendukung invasi ke Ukraina, atau berafiliasi dengan militer atau badan keamanan negara. Tidak jelas apakah keanggotaan klub olahraga militer Rusia, seperti CSKA, akan menjadi alasan untuk menolak status netral.

News Feed