English English Indonesian Indonesian
oleh

Jauhar Amal Saleh

Oleh: Suf Kasman, Dosen UIN Alauddin Makassar

Sungguh beruntunglah menjadi orang shaleh. Sebab, jutaan umat Islam mendoakannya setiap kali menunaikan shalat. ๐˜ˆ๐˜ด๐˜ด๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ถ ‘๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ธ๐˜ข ‘๐˜ข๐˜ญ๐˜ข ‘๐˜ช๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ช๐˜ด ๐˜ด๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฉ๐˜ช๐˜ฏ. (Semoga Allah melimpahkan sejahtera-Nya atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shaleh).

Setiap harakah kebaikan dapat dihukumi kimiawi amal saleh. Tersenyum dan menampakkan wajah-wajah jauhar nan berseri-seri di depan saudara adalah tindakan riil amal saleh.

Membuang duri di jalan termasuk denyut amal saleh yang elok. Mengucap, “Maaf, saya agak telat Mas”, merupakan ungkapan biasa-biasa saja, Namun bagian anasir amal saleh. Makanya, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil, khususnya amalan saleh.

Bisa jadi menjadi asbab voucher masuk surga. Apapun algoritma amal saleh (kebaikan) yang diberikan kepada sesama manusia, akan menjadi musaโ€™adah pada hari penghakiman kelak.

Pendeknya, siapa yang mau meraih kebahagiaan dunia & akhirat, lakukanlah amal saleh. Orang yang beramal saleh jaminannya surga. โ€œ…๐˜”๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ beramal saleh ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜š๐˜ถ๐˜ณ๐˜จ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ถ๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ช๐˜ฌ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏโ€. (Qs.al-Hajj:56)

Pertanyaan sudah berapa lama Anda beramal saleh? 20an tahun? 40 tahun? 50 tahun? Amal saleh kita raih selama puluhan tahun ini, belum ada JAMINAN 100% diterima Allah. Kok bisa!

Soalnya, hingga saat ini belum ada orang menerima pengumuman dari langit โ€œWahai fulan bin fulan, bergembiralah amal saleh-mu sudah diterima Sang Pencipta langit.โ€

Belum ada! Kecuali Nabi SAW mendapat garansi indah ini; Beliau telah mendapat inventori dan asuransi ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข-๐˜ฅ๐˜ฐ๐˜ด๐˜ข๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ (sekiranya ada) (QS. Al-Fath: 2).

News Feed