English English Indonesian Indonesian
oleh

Daerah Ini Sangat Keren, Anak-anak Dilibatkan Musrenbang Bahas Pembangunan

PANGKEP, FAJAR–Anak-anak akhirnya mendapat ruang untuk menyampaikan aspirasi. Mereka dilibatkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) daerah.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKBP3A) Pangkep, dr Nurlia Sanusi mengatakan ruang untuk anak juga perlu untuk dihadirkan.

Ini agar anak dapat menyampaikan aspirasi juga. Terlebih lagi, dibukanya ruang aspirasi ini sebagai wujud impelementasi dari Pangkep sebagai kabupaten layak anak.

“Musrenbang anak dilaksanakan setiap tahunnya sebagai perwujudan kabupaten layak anak. Saya bersyukur, selama dua tahun dalam setiap Musrenbang desa, kecamatan, hingga kabupaten melibatkan forum anak,” papar Nurlia, kemarin.

Musrenbang kabupaten diikuti sekitar 40 anak yang berasal dari tingkatan SMP hingga SMA sebagai perwakilan. Tahun lalu, mendapat penghargaan Pangkep Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Madya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pangkep, Koordinator UIN Alauddin Makassar, Khalifah Thahirah B mengaku sangat mengapresiasi pemerintah yang menggelar musrenbang dengan melibatkan anak. (fit/zuk)

News Feed