English English Indonesian Indonesian
oleh

Heboh, Wanita Palestina yang Pernah Bajak Dua Pesawat Jadi Pembicara di Acara Penggalangan Dana di Inggris

FAJAR, LONDON—Leila Khaled, 79, yang terkenal karena pernah membajak dua pesawat akan tampil melalui tautan video pada jamuan makan malam amal senilai £25 yang diselenggarakan oleh Kampanye Solidaritas Palestina (PSC).

Leila Khaled, yang digambarkan oleh penyelenggara acara sebagai ‘pejuang kemerdekaan Palestina veteran’, akan berbicara pada penggalangan dana yang diadakan oleh PSC cabang West Midlands di Sparkbrook, Birmingham.

Kemunculannya memicu kehebohan serta kemarahan dan kekhawatiran di kalangan kelompok kampanye Yahudi yang menggambarkan tindakan tersebut sebagai tindakan yang sangat meresahkan.

Leila Khaled tetap menjadi anggota Front Populer untuk Pembebasan Palestina – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Uni Eropa, AS, Kanada dan Jepang, tetapi tidak oleh Inggris.

Dalam sebuah wawancara bulan lalu, dia mengklaim bahwa Hamas tidak menargetkan warga sipil dalam serangan mengerikan 7 Oktober 2023 yang kemudian memicu perang berkepanjangan.

Dia mengatakan kepada blog aktivis Green Left: ‘Pejuang kemerdekaan tidak menyerang masyarakat biasa [pada tanggal 7 Oktober], mereka menyerang pemukiman militer. Namun ketika perbatasan dibuka, beberapa orang mengambil warga sipil.

“Baik Israel maupun media barat tidak dapat membuktikan adanya pembantaian. Para sandera sipil [yang dibebaskan dalam salah satu kesepakatan yang dinegosiasikan] mengatakan bahwa mereka diperlakukan dengan sangat baik. Lalu mengapa mereka berbicara seperti ini tentang pembantaian? Sekadar mengatakan bahwa pejuang kemerdekaan adalah teroris,” tegasnya.

News Feed