English English Indonesian Indonesian
oleh

Mudahkan Mobilitas Wisatawan ke Bira

FAJAR, BULUKUMBA- Berkunjung ke kawasan wisata Bira Kabupaten Bulukumba kini semakin mudah. Pemerintah menyiapkan tiga bus milik Perum Damri melayani rute Makassar (Bandara Sulhas)-Bira.
Pengoperasian angkutan umum tersebut terhitung mulai, Jumat 1 Maret 2024.

Rute Makassar-Bira ini dibanderol dengan harga Rp200 ribu per orang untuk semua kelas. Estimasi lama perjalanan enam jam. Pemkab Bulukumba berharap dengan hadirnya fasilitas tersebut bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Bira.

Wakil Bupati Bulukumba, HA Edy Manaf mengapresiasi langkah Pemprov Sulsel yang telah bekerja sama dengan Perum Damri menghadirikan transportasi untuk rute Makassar-Bira. Menurutnya, itu akan semakin memperkuat posisi Kabupaten Bulukumba di kawasan selatan Sulsel sebagai daerah transit yang strategis dalam mendukung mobilitas masyarakat maupun kunjungan wisatawan.

“Bus Damri ini tentunya menjadi sarana pendukung mobilitas pengunjung yang akan berkunjung ke Bira maupun ke kepulauan Selayar,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kehadiran trayek bus Damri ini akan menjadi alternatif transportasi pengunjung dari luar Sulsel sebelum terbangun bandar udara Bira. “Kita berharap dengan fasilitas trayek Damri ini, dapat mendorong peningkatan jumlah kunjungan ke Bulukumba maupun ke Selayar, yang tentu akan memberikan dampak secara ekonomi daerah setempat,” pungkasnya.

Operasional Perum Damri Makassar, Edy Santoso menuturkan, ketiga Damri yang akan melayani rute Makassar-Bira itu terdiri dari dua kelas eksekutif dan satu kelas Bisnis. Ada yang star dari Makassar, ada juga yang star dari Bira.

News Feed