English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemprov Bangun Komunikasi dengan Wings Air dan Citilink

BONE, FAJAR- Pemprov Sulsel mulai membuka komunikasi dengan dua maskapai untuk Operasional ATR-72 di Kabupaten Bone. Dua armada tersebut yakni Wings Air dan Citilink. Keduanya diketahui memiliki armada ATR-72.

“Ini dua yang biasa beroperasi di langit Sulsel, CItylink dan Wings Air untuk tipe ATR, jadi kemungkinan antara itu dua,” ujar Kepala Biro Kesejahteraan Sulsel, Erwin Sodding

Akan tetapi, kata dia, tetap tergantung dari deal-deal yang dibangun, tentunya dengan mempertimbangkan yang mana yang bisa disubsidi dengan lebih baik.

Untuk skema anggarannya sendiri, lanjutnya, itu akan diserahkan ke Pemkab Bone meskipun dananya merupakan Bantuan Keuangan Daerah Provinsi ke Kabupaten Bone dan Selayar. Untuk besarannya, ia belum memastikan.

Sebab, saat ini pihaknya juga tengah mengajukan regulasi untuk bantuan keuangan tersebut yang nantinya akan berbentuk Peraturan Gubernur (Pergub). “Sementar itu kita ajukan regulasinya dulu,” jelasnya.

Staf Program dan Keuangan Dinas Perhubungan Bone, Andi Faisal Fajrin mengaharapkan adanya peningkatan angka kunjungan setelah peningkatan armada ATR-72 ini berjalan. Apalagi tersirat kabar adanya rencana pembukaan rute, Makassar-Bone-Kendari. Tentunya akan ikut membawa penumpang tujuan kendari masuk ke Bone.

“Tapi memang jika melihat data 2022 waktu Dishub Bone tangani, pergerakan penumpang dari Bone-Makassar atau sebaliknya tidak terlalu tinggi, berbanding terbalik sama rute Bone-Kendari atau sebaliknya yang memang tinggi pergerakannya,” tambahnya. (an/lin)

News Feed