English English Indonesian Indonesian
oleh

IPM Membaik, Kemiskinan Menurun

FAJAR, PANGKEP- Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau membeberkan seluruh capaian positif di puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Pangkep yang dipusatkan di Gedung DPRD Pangkep, Rabu 28 Februari 2024.

Ia menuturkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat, dari tahun 2022 sebesar 69,79 tahun 2023 sebesar 70,59. Indeks ini digunakan sebagai ukuran sejauhmana tingkat kesejahteraan masyarakat suatu wilayah dengan menggunakan variabel kesehatan, pendidikan dan daya beli.

Kenaikan ini menunjukkan bahwa program pemerintah berdampak baik terhadap masyarakat. Sektor pendidikan, program seragam gratis untuk seluruh siswa baru tingkat SD sederajat dan SMP sederajat setiap tahun mengalami peningkatan anggaran. Tahun 2023 sebesar Rp7 miliar lebih dengan jumlah peserta didik 1.544.

Sektor kesehatan, program Unuversal Healty Coverge(UHC) setiap tahunnya disediakan anggaran PBI-JKN mengalami peningkatan. Tahun 2023 sebesar Rp31 miliar dengan target penerima 66.571 orang penerima manfaat dan telah terpenuhi target nasional UHC 96 persen>

Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana kesehatan untuk lebih didekatkan dengan masyarakat melalui program Sijagai, terbangunnya RS Pratama di pulau Sailus kecamatan Liukang Tangaya dan penyediaan ambulans laut lima unit untuk empat kecamatan kepulauan. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir tidak tersentuh layanan kesehatan.

“Tingkat kemiskinan, sesuai data BPS tahun 2022 angka kemiskinan Pangkep sebesar 13,92 persen dan tahun 2023 sebesar 13,40 persen. Angka ini menunjukkan adanya penurunan jumlah orang miskin di Pangkep sebanyak 14.000 orang. Angka ini merupakan terendah selama 20 tahun terakhir.

News Feed