English English Indonesian Indonesian
oleh

BP3II akan Bangun Museum Peradaban di Gowa

FAJAR, SUNGGUMINASA— Pengurus Badan Pembangunan Pelestarian Peradaban Islam Indonesia (BP3II) yang akan dilantik Selasa 12 Maret 2024. Salah satu program yang dicanangkan adalah pembangunan museum peradaban.

Sekertaris Badan Pembangunan dan pelestarian peradaban Islam Indonesia Sulsel, Ridha Rasyid menambahkan, ke depan pihaknya akan membangun museum peradaban di kelurahan Parangbanoang kecamatan Pallangga kabupaten Gowa.

Kata dia, peradaban Islam ini bukan hanya meliputi kabupaten Gowa, tetapi juga Sulsel pada umumnya. Keterlibatan banyak pihak untuk ikut memberikan ide dan gagasan terkait rencana pembangunan itu sangat penting.

“Paling tidak ini sudah didesain (museum) bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar,” ucapnya.

Pengurus baru BP3II akan dilantik oleh Yayasan Pengembang Pemuda Muslim Indonesia (YAPPMI).
Kegiatan dirangkaikan dengan pencanangan Taman Bahasa dan Gerakan Masjid menanam.

Ketua YAPPMI Hasan Hasyim menuturkan, sebagai wujud keseriusan membangun peradaban Islam, terlebih dahulu pihaknya melakukan rekruitmen anggota.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan rapat perdana dan telah ditentukan pelantikannya serta skema apa yang akan dilaksanakan.

Terpisah, Dosen Teknik Perencanaan Wilayah dan Tata Kota UINAM, Dr. Muhammad Anshar mengatakan MoU Yappmi dan Fakultas sains dan teknologi UINAM sudah akan dilakukan. Ini juga bagian implementasi Tridarma Perguruan Tinggi.

Salah satu wujud dari itu semua di antaranya membangun kolaborasi yang menghadirkan desain berbasis kepada peradaban Islam tentu. Dua prodi yang terlibat langsung, yakni; Prodi Teknik Arsitektur dan Produk Perencanaan Wilayah dan Kota. Mereka mempunyai output dan outcame.

News Feed