English English Indonesian Indonesian
oleh

Empat Warga Meninggal Dunia Akibat Longsor di Desa Bonglo Luwu

MAKASSAR, FAJAR — Tanah longsor menimbun sejumlah warga yang sedang melintas di jalan. Sejumlah pengendara tertimbun longsor di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Senin, 26 Februari 2024.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Luwu, Andi Baso Tenriesa menyampaikan sampai saat ini tim yang melakukan operasi penyelamatan di lokasi kejadian telah memberikan laporan sementara.

Terdapat empat korban meninggal dan sepuluh korban berhasil diselamatkan dan sudah di evakuasi.
Andi Baso mengatakan, saat ini dugaan sementara masih ada sekira 15 unit motor dan 2 unit mobil tertimbun material segera akan dilakukan evakuasi.

“Saat ini tim sedang melakukan pencarian,” sebutnya.

Untuk informasi, tanah longsor itu terjadi di Jalan Poros Desa Bonglo Kecamatan Bastem Utara. Penyebabnya, curah hujan tinggi dan tanah yang labil. Hujan dengan intensitas lebat terjadi sejak semalam yang menyebabkan terjadi gerakan tanah atau tanah longsor, hingga pagi ini yang menutupi badan jalan.

Namun warga dan pengendara tetap memaksakan untuk melintas dengan cara saling bantu mendorong kendaraan dan saat melintas terjadi longsor susulan yang membuat kendaraan bersama warga banyak tertimbun material.

Ia mengatakan, koordinasi dengan pemerintah setempat juga sudah dilakukan. Alat berat pun juga diturunkan. “Alat berat dua unit tiba di lokasi perbantuan pencarian,” tuturnya.

Kalak BPBD Sulsel, Amson Padolo, menambahkan, saat ini penanganan tengah dilakukan oleh Tim Rescue di lapangan termasuk BPBD Kabupaten Luwu.

News Feed