English English Indonesian Indonesian
oleh

Unicef Bangun Sanitasi di Moncobalang

SUNGGUMINASA, FAJAR—Sanitasi di Gowa mendapat perhatian UNICEF. Puskesmas Moncobalang, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa terpilih mendapat proyek peningkatan fasilitas sarana air bersih dan sanitasi inklusif.

UNICEF Indonesia menggandeng Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemiNA). Khusus di Puskesmas Moncobalang, dilakukan pembangunan tandon air dalam rangka menyiapkan fasilitas air bersih.

Lalu membangun dua unit kamar mandi (sanitasi) yang ramah bagi perempuan, anak, dan penyandang disabilitas atau inklusif bagi pasien dan pengunjung. Serah terima berlangsung pada Selasa, 20 Februari.

Chief Field Office UNICEF Regional Sulawesi dan Maluku, Henky Widjaja, mengatakan program ini dijalankan di dua kabupaten: Maros dan Gowa. Mengkover 26 puskesmas.

“Kemudian sebanyak delapan puskesmas mendapatkan dukungan penuh untuk perbaikan, salah satunya di Puskesmas Moncobalang,” ucap Henky.

Konsep sanitasi berbasis inklusif ini pun terlihat dari desain pintunya yang bisa menjangkau pasien maupun pengunjung dari kelompok disabilitas maupun nondisabilitas.

Selain itu juga untuk perempuan seperti dengan disiapkannya pembalut dan kebutuhan lainnya. Tak hanya itu, pihaknya juga menyediakan solar panel, sehingga tidak lagi bergantung pada pasokan listrik PLN.

Puskesmas Moncobalang melayani populasi sekitar 13 ribu jiwa di tiga desa: Moncobalang, Tinggimae, dan Biringala.

Asisten Technical Program WASHFIt Andi Bunga Tongeng menjelaskan, program telah diimplementasikan melalui beberapa kegiatan.

“Rehabiltasi puskesmas yang ramah gender dan disabilitas di enam puskesmas, yaitu Puskesmas Moncobalang, Bontonompo 2, Kanjilo, Bontomarannu, Parangloe, dan Puskesmas Tamaona,” ucapnya.

News Feed