English English Indonesian Indonesian
oleh

Langka, Beras Bulog Paling Dicari

PAREPARE, FAJAR — Harga melonjak di pasaran. Terutama di Pasar Lakessi, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.

Berdasarkan pantauan FAJAR, Kenaikan harga beras di Parepare sampai Rp2.000 per kg. Hal tersebut diungkapkan salah satu pedagang beras di Pasar Lakessi, Ruslan.

Ruslan mengungkapkan bahwa beras yang paling ramai dicari beras dari Bulog karena harganya lebih murah. “Beras yang dikomsumsi sekarang itu beras Bulog Rp10.900 per kilo,” katanya.

Untuk beras medium saat ini diharga Rp14.500 per kilogram. Sementara untuk beras premium diharga Rp16.000 per kilogram.

“Iya, ada kenaikan. Beras premium itu biasanya Rp 14.500 per kilo, sekarang naik Rp 16.500. Bulan ini (Februari) mulai naik,” tambahnya.

Rusal mengungkapkan bahwa beras mengalami kenaikan saat ini biasanya diakibatkan karena kurang produksi atau stoknya kurang.

“Biasanya di los saya ini 10 ton beras untuk disediakan. Sekarang stoknya tinggal di los untuk dijual ada 5 ton beras,” ungkapnya.

Pembeli sepi. Namun, saat beras dari Bulog datang masyarakat mulai berdatangan. Alasannya, beras Bulog yang paling dicari pembeli.

Senada dengan penjual beras lainnya Bahar membeberkan bahwa harga beras premium saat ini Rp15 ribu per kilogram. Untuk beras medium Rp14 ribu sampai Rp 14.500 per kilogram.

“Kenaikannya sudah lama. Sekitar dua bulanan ini sudah naik harga beras. Naiknya harga beras karena stoknya kurang,” beber Bahar.

Bahar mengungkapkan bahwa biasanya stok beras yang ia jual 2 ton hingga 3 ton. Sekarang sudah turun stok di los hanya satu ton saja.

News Feed