English English Indonesian Indonesian
oleh

Tarung Sengit di Dapil VI Wajo, Hanya Satu Petahana Lolos: Andi Merly Selamatkan “Muka” PAN

SENGKANG, FAJAR–Partai Amanat Nasional (PAN) mengamankan satu kursi di Dapil VI untuk DPRD Wajo. Daerah pemilihan (dapil) ini meliputi Kecamatan Pammana dan Kecamatan Sabbangparu.

Satu-satunya kursi PAN di Dapil VI diamankan oleh petahana, Andi Merly Iswita. Dia merupakan politisi pendatang baru yang langsung terpilih pada 2019. Pada Pileg 2024 ini, dia kembali maju. Merly saat ini mengamankan hampir 4.000 suara, jumlah yang cukup untuk memastikan satu kursi di DPRD Wajo.

Detailnya, saat ini total 3.680 suara yang masuk ke pangkalan data. Masih ada suara belum masuk dari beberapa TPS. Merly mengamankan kursi kedua.

Dapil VI Wajo memperebutkan 6 kursi legislatif. Dua di antaranya dipastikan milik Gerindra, yakni Feri Santu (kursi pertama) dan Rahman Rahim (kursi keempat); PPP satu kursi, yakni Alif (kursi ketiga); Golkar kemungkinan mendapat kursi kelima; dan terakhir kursi keenam untuk PKB, yakni Amshar A Timbang atau menjadi kursi kedua bagi PAN.

Di antara lima legislator saat ini, hanya Merly satu-satunya yang terpilih kembali. Dia merupakan ponakan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak. Pada Pileg 2024 ini, Dapil VI mendapatkan satu penambahan kursi. (*)

Pemilik kursi Dapil VI pada 2019
PPP (kursi pertama)
Gerindra (kursi kedua)
PAN (kursi ketiga)
Golkar (kursi keempat)
PBB (kursi kelima)

Pemilik kursi Dapil VI pada 2024
Gerindra (kursi pertama)
PAN (kursi kedua)
PPP (kursi ketiga)
Gerindra (kursi keempat)
Golkar (kursi kelima)
PKB/PAN (kursi keenam)

Catatan: kursi keenam masih potensial diperebutkan PAN dan PKB

News Feed