English English Indonesian Indonesian
oleh

Prediksi Dapil Sulsel I, Munculnya Figur Baru ke Senayan

FAJAR, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, telah menggelar proses pemungutan suara pada Rabu, 14 Februari 2024. Pemilu 2024 telah berlangsung menentukan pemimpin presiden untuk masa periode 5 tahun ke depan dan juga caleg.

Lembaga Script Survei Indonesia (SSI) merilis hasil Quick count atau hitung cepat versi lembaga tersebut terhadap sejumlah nama masuk berpotensi duduk di DPR RI dari dapil Sulsel I.

Prediksi Quick Count SSI Untuk Kursi DPR RI Dapil 1 Sulsel. Pertama NasDem dapat 1 Kursi antara Fatmawati/Rudianto), Kedua dari Golkar 1 kursi Hamka B Kady, Ketiga PKS 1 kursi Meity Rahmatia, keempat dari PPP 1 kursi diprediksi diduduki Amir Uskara.

Kelima dari Gerindra 1 Kursi berpotensi Azikin Soeltan atau Najamuddin, keenam dari PDIP yakni 1 Kursi diprediksi antara Ridwan A Wittiri atau Rudy Pieter Goni, ketujuh dari PAN 1 kursi Ashabul Kahfi, serta kedepalan PKB 1 Kursi Potensi antara Syamsu Rizal atau Haji Haruna. Sedangkan Demokrat dan PSI menunggu kursi akhir.

“Berdasarkan hasil perolehan suara di Quick Count. Dimana SSI yang diadakan tanggal 14 Februari kemarin. Ada nama-nama berpotensi duduk di DPR RI dapil tersebut,” kata, Direktur Script Survei Indonesia (SSI) Yuhardin, Jumat (16/2/2024).

Diketahui, adapun Dapil Sulsel I meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar. Dapil tersebut merebut 8 kursi.

Sebagai informasi, quick count berbeda dengan real count. Quick count menggunakan metodologi sampling di TPS tertentu. Verifikasinya berdasarkan persentase hasil pemilu di TPS sampel tersebut.

News Feed