English English Indonesian Indonesian
oleh

Para Pemeran “Puang Bos” Dituntut Fasih Dialek Makassar

FAJAR, MAKASSAR—Megti Media Film dan AIM Production kembali mempersembahkan film layar lebar yang mengangkat kearifan lokal Sulawesi Selatan.

Berjudul “Puang Bos”, film garapan dua sutradara kelahiran sulawesi, Adink Liwutang dan Rusmin Nuryadin ini mulai syuting 15 Februari 2024. Film ini dibalut dengan cerita drama dan komedi.

Uniknya, film ini menuntut para pemain harus fasih berdialek Bugis-Makassar. Sehingga mau tidak mau, para aktris dan aktor ibu kota dituntut belajar logat Makassar.

Film ini melibatkan beberapa pemain ternama seperti; Michelle Ziudith, Ibrahim Risyad, Pritt Timothy, Gilbert Patiruhu, Zoe Levana, Mongol Stres, Arif Brata dan beberapa artis lokal Makassar.

Pemeran utama, Michelle Ziudith sebagai Pertiwi mengatakan menjadi tantangan sendiri buat dirinya harus bisa dialek Makassar. Meski demikian, ia tetap antusias dan berkomitmen memberikan akting terbaik demi hasil yang maksimal.

“Ada challenge tersendiri karena beda dengan film-film aku sebelumnya. Harus benar-benar memahami culture, Ini bisa menjadi salah satu pencapaian aku bisa logat Makassar,” ucapnya.

Sebab kata Michelle, sebelumnya belum ada filmnya. Apalagi ia terbantu oleh Arif Brata salah satu talent yang memang berasal dari Makassar.

“Arif bantuin banget, ditambah ada guru atau coach pas kita reading. Nah kalau Arif itu biasa belajar saat makan, di mobil,” katanya.

Serupa disampaikan Ibrahim Risyad pemeran Puang Bos mengakui butuh waktu 5-7 hari untuk memahami penggunaan kata mi, ki, pi, ji dalam bahasa Makassar.

News Feed