English English Indonesian Indonesian
oleh

Distribusi Logistik ke Pulau Terluar, KPU Pangkep Gunakan Enam Kapal

FAJAR, PANGKEP- Distribusi logistik untuk pemilu akan dilakukan perdana melalui Pelabuhan Maccini Baji Pangkep, Senin, 5 Februari mendatang. Tiga kapal menuju Kecamatan Liukang Kalmas, sementara tiga kapal lainnya ke Kecamatan Liukang Tangaya.

Ketua KPU Pangkep, Ichlas menyampaikan, ini merupakan kali pertama distribusi ke dua kecamatan pulau terluar Kabupaten Pangkep dilakukan melalui pelabuhan di Pangkep. Sebelumnya, distribusi tahun-tahun sebelumnya dilakukan melalui Pelabuhan Paotere Kota Makassar.

“Iya, ini terobosan baru yang kami lakukan. Perdana logistik akan berangkat melalui pelabuhan di Pangkep. Sehingga izinnya pun akan melalui syahbandar Pangkep,” jelasnya.

Ichlas mengungkapkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan enam kapal nelayan yang akan disewa untuk mengangkut logistik ke pulau. Tiga kapal akan menuju Kecamatan Liukang Kalmas, dan tiga kapal lagi akan menuju Kecamatan Liukang Tangaya.

“Jadi skemanya tiga kapal untuk setiap kecamatan yang akan berangkat. Inilah yang nantinya akan mendistribusikan hingga ke pulau-pulau yang memiliki Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucapnya.

Distribusi lebih awal dilakukan lantaran jarak pulau yang terbilang cukup jauh antar satu pulau di dua kecamatan tersebut. “Adapun mitigasi yang kami lakukan ini dengan pemberangkatkan lebih awal. Karena jarak pulau yang berjauhan. Belum lagi kondisi cuaca sekarang ini,” bebernya.

Ichlas mengaku akan melakukan pengepakan kertas suara dan logistik lainnya dengan baik untuk memastikan tidak ada logistik yang basah nantinya. “Akan dibungkus berlapis. Setelah itu dibungkus lagi dengan terpal. Jadi tidak akan terkena air logistiknya. Itu sudah kita siapkan semua dan keamanan juga akan ikut,” imbuhnya. (fit/)

News Feed