English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukungan Warga Dunia atas Palestina Meluas, Ratusan Ribu Orang Demo Israel

MADRID, FAJAR–Ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina turun ke jalan. Mereka menuntut gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Sambil mengibarkan bendera dan spanduk, ribuan pengunjuk rasa pro-Palestina berbaris di jalan-jalan Madrid, Spanyol, Minggu (28/1/2024). Mereka mendesak gencatan senjata segera dalam perang mematikan antara Israel dan Palestina.

Teriakan “Kemerdekaan untuk Palestina” terdengar saat massa melintasi jalan-jalan ibu kota Spanyol yang ditutup.

Sekitar 35.000 orang ambil bagian menurut delegasi pemerintah pusat ke Madrid, menjadikannya salah satu unjuk rasa terbesar di Spanyol untuk mendukung warga Palestina dari kebrutalan Israel.

Israel melancarkan kampanye pengeboman setelah berseteru dengan Hamas . Serangan Hamas di perbatasan Gaza pada 7 Oktober, menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik 230 lainnya, menurut pejabat Israel.

Pembalasan brutal Israel menyebabkan 26 ribu warga Palestina telah terbunuh – setengah dari mereka adalah anak-anak – akibat pemboman Israel yang tiada henti.

Protes di Madrid terjadi ketika militer Israel pada Jumat malam mengintensifkan serangan udara dan darat di Jalur Gaza.

Nisrin Mashal, seorang guru berusia 45 tahun, mengatakan dia datang ikut demonstrasi karena memiliki keluarga di Gaza dan juga di Tepi Barat.

“Saya sangat khawatir dengan keluarga saya karena saya tidak bisa berbicara dengan mereka selama hampir dua hari, sudah dua hari saya tidak menerima pesan apa pun dari mereka,” katanya kepada AFP TV.

Para pengunjuk rasa memegang poster bertuliskan “Perdamaian yang adil”, “Api tidak berbohong” dan “Jangan abaikan penderitaan Palestina”. Beberapa orang mengibarkan bendera Palestina.

News Feed