English English Indonesian Indonesian
oleh

Adnan akan Benahi Internal Pramuka Sulsel

FAJAR, SUNGGUMINASA- Pengurus kwartir cabang Pramuka 24 kabupaten/kota Se-Sulsel sepakat mengusung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel masa bakti 2024-2029.

Musyawarah Daerah (Musda) IX Gerakan Pramuka Sulsel Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Novotel Hotel Makassar, Sabtu, 27 Januari 2024. Sebagai ketua yang baru, Adnan akan melakukan pembenahan secara internal terlebih dahulu.

Seperti penataan organisasi lalu peningkatan kapasitas SDM keanggotaan Pramuka. Adnan Purichta Ichsan menuturkan Gerakan Pramuka sebagai organisasi kepanduan di Indonesia yang menghadapi beberapa kendala dan tantangan dalam menjalankan kegiatannya.

Seperti kurangnya sumber daya meliputi sarana, peralatan dan fasilitas lain sehingga dapat membatasi kemampuan untuk menyelenggarakan kegiatan yang bervariasi dan bermanfaat.

“Dengan mencermati kondisi yang ada saat ini, maka kebijakan yang kami ambil pertama adalah memperbaiki struktur organisasi melalui rasionalisasi yaitu perampingan menuju organisasi yang efektif, efisien dan modern, ucapnya,” ujarnya.

Lalu penataan organisasi diawali dengan perbaikan dan penguatan kelembagaan gerakan pramuka, tugas, fungsi serta anggaran diubah menjadi tanggung jawab pemerintah.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menitik beratkan kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengarah kepada pramuka yang profesional, proporsional dan unggul untuk menuju Indonesia Emas 2045.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia dilakukan melalui rekruitmen, pendidikan dan pelatihan serta pembinaan yang diarahkan menuiu insan yang Pancasilais agar mempunyai rasa kepeduliaan yang tinggi, cinta tanah air semangat bela negara dan nasionalisme,” urainya.

News Feed