English English Indonesian Indonesian
oleh

Kans Gerindra Dapil 7 Sulsel Menuju Tiga Kursi

FAJAR, MAKASSAR — Efek ekor jas pencalonan Prabowo-Gibran memberi dampak signifikan bagi Partai Gerindra, di sejumlah dapil di Sulsel.

Salah satunya Dapil 7 Sulsel meliputi Kabupaten Bone. Hasil analisis lembaga survei PT General Survei Indonesia (GSI) menunjukkan Partai Gerindra berpotensi mendudukkan tiga legislatornya dari Dapil ini.

“Melihat persentase elektoral calegnya, bisa dipastikan Partai Gerindra sudah mengunci dua kursi,” kata Direktur Eksekutif PT GSI Dr Jufriadi Karaeng Sila, Senin 22 Januari.

Ia merincikan elektoral caleg Gerindra di dapil ini yakni Andi Mangunsidi Massarappi (petahana) mencapai 2,8% disusul Yasir Susanto Machmud 12,4%.

Lalu Andi Tenri Abeng Salangketo 11,0%, Ahmad Zainuddin 1,8%, Andi Hasruddin Nur 1,0%, Nurhani Sirajuddin 0,2%, dan Fatmawati 1,2%.

Kemudian pemilih Partai Gerindra mencapai 3,1%. Artinya, dua kursi aman diduduki Yasir Susanto Machmud dan Andi Tenri Abeng Salangketo.

“Kemudian bisa saja Partai Gerindra juga mengamankan kursi terakhir, kursi ketiga,” kata Jufriadi dalam Ngobrol Politik Bedah Peluang Gerindra di Dapil 7 Sulsel.

Tingginya elektroal Yasir Machmud tidak terlepas dari kerja-kerja politik yang dilakukan bersama tim pemenangannya. Apalagi, Kabupaten Bone memang menjadi basis Yasir Machmud.

Akademisi Universitas Bosowa (UNIBOS) Dr. Arief Wicaksono dalam tanggapannya menilai Dapil 7 Sulsel sangat menarik karena ada karakteristik yang tidak menyertakan daerah pemilihan (Dapil) lain.

Mengacu pada data Pemilu 2019 lalu, Gerindra berada di urutan kedua setelah Partai Golkar. Artinya, dalam beberapa point maka besar kemungkinan Partai Gerindra bisa melampaui capaian Partai Golkar di Dapil ini.

“Politik itu persoalan momentum. Bagaimana kita memperlakukan momentum tersebut. Apakah kita mau menjemput atau menunggu peluang,” jelas Dr. Arief. Ia tidak menampilkan Gerindra bisa merebut hingga tiga kursi dari dapil ini.

Akademisi UNIMERZ, Dr Baharuddin Hafid menuturkan, penerimaan masyarakat terhadap calon anggota legislatif (Caleg) tentunya berbeda.

Adapun Yasir Machmud hampir tidak terjadi penolakan karena merupakan putra daerah Kabupaten Bone.

“Saya ini terlibat dalam pergerakan Pak Yasir di Kabupaten Bone. Jualan Pak Yasir ini hampir tidak ada penolakan, kecuali lawan politiknya,” bebernya.

Karenanya Gerindra saat ini realistisnya dua kursi. Itu fakta riil di lapangan. Tapi untuk mengamankan tiga kursi masih sangat memungkinkan.

Catatannya, Partai Gerindra harus mampu meraih minimal 180 ribu suara. Apalagi dari tujuh caleg Partai Gerindra di Dapil 7 Sulsel, nyaris semuanya bergerak. Terutama kerja-kerja politik Yasir sangat massif hingga ke lapisan terbawah.

“Kerja incumbent terus mengalir. Kemudian Andi Tenri Abeng tentunya memiliki potensi besar karena mengandalkan bapak yang merupakan Penjabat Bupati Bone,” bebernya. (nsrn)

News Feed