English English Indonesian Indonesian
oleh

Para Saudagar Tana Luwu Berkumpul di HJL ke 756

FAJAR, MALILI — Para saudagar Tana Luwu berkumpul di Kabupaten Luwu Timur untuk menghimpun kekuatan ekonomi Tana Luwu. 

Bupati Luwu Timur, Budiman memanfaatkan momentum Peringatan Hari Jadi Luwu (HJL) ke 756 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke 78 Tahun untuk mengumpulkan para saudagar Tana Luwu di Kabupaten Luwu Timur. Pada pertemuan itu, akan dilaksanakan presentasi potensi daerah. 

“Jika di Makasssar ada Saudagar Bugis Makassar, maka kita coba menggagas Saudagar Tana Luwu. Kita himpun kekuatan-kekuatan perekonomian untuk membangun Tana Luwu,”katanya saat mengunjungi Istana Langkanae Kedatuan Luwu, beberapa waktu lalu.

Peringatan HJL dan HPRL dimulai pada tanggal 20 – 23 Januari 2024. Lokasi pembukaannya di Stadion H. Andi Hasan Opu To Hatta Malili. Dimulai dengan acara Tabligh Akbar oleh Ustadz Jaelani. 

Katanya, ada enam kabupaten kota termasuk kedatuan Luwu yang diundang. Enam daerah tersebut ialah Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Kolaka dan Kolaka Utara.

Pemda Lutim mengangkat tema “Bersama Kita Kuat, Tana Luwu Menjadi Hebat”. Harapannya, timbul kesadaran menyatu dalam tatanan budaya dan tentu tatanan lain yang akan dikembangkan bersama.

Ketua Panitia Pelaksana HJl dan HPRL, Andi Tabacina menyebut, estimasi peserta yang akan hadir sekitar 2000 hingga 3000-an orang. Sehingga nantinya, akan sangat meriah. 

Pada pagelaran seni sambungnya, setiap daerah akan tampil. Bahkan ada eksebisi sepak bola antar kesebelasan Pemkab/Pemkot se-Tana Luwu, Kolaka dan Kolaka Utara pada pagi hari untuk babak penyisihan, dan sorenya semi final dan grand final.

News Feed