English English Indonesian Indonesian
oleh

Bustan Basir Bidik Senator Wakil Sulbar, Siap Maksimalkan Tugas Pokok DPD RI

FAJAR, MAKASSAR-Calon Anggota DPD RI Dapil Sulbar, Bustan Basir bertarung di Pemilu 2024. Ia berebut untuk duduk sebagai Senator DPD RI wakil Sulbar.

Bustan memiliki visi untuk mendorong kemajuan sesuai dengan tugas dan fungsi DPD RI berdasarkan UUD 1945. Tugas utama DPD RI yang ingin ditekankan oleh Bustan melibatkan merancang Undang-Undang tentang otonomi daerah, pemekaran, pembentukan, dan penggabungan daerah, hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya ekonomi alami dan lainnya, serta perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Misi Bustan melibatkan penguatan landasan yuridis otonomi daerah, penguatan relasi pusat dan daerah dalam bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial melalui perimbangan keuangan, serta penguatan ekonomi, sosial-budaya, dan agama di Sulawesi Barat.

Untuk mencapai misi tersebut, Bustan merencanakan program kerja yang mencakup pemetaan potensi wilayah Sulawesi Barat, penguatan relasi pusat-daerah, dan penguatan sumber daya ekonomi, sosial-budaya, dan agama.

Bustan juga mengemukakan alasan ideologisnya dengan menyatakan, setiap potensi yang diberikan oleh Tuhan harus dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan umat manusia dan semesta raya.

Selain itu, alasan sosial-budayanya didorong oleh pengalaman kerjanya sebagai Tenaga Ahli di Kementerian Sosial RI, ia menyaksikan ketidaksetaraan dan ketertinggalan di Sulawesi Barat, khususnya dalam aspek kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

“Pentingnya memaksimalkan tiga tugas pokok DPD RI, terutama dalam perimbangan keuangan pusat dan daerah, pemekaran dan penggabungan wilayah, serta pemerataan ekonomi dan pengembangan sosial, budaya, dan agama,” jelasnya.

Dia menekankan, peran sosial, budaya, dan agama sangat penting dalam menjaga nilai-nilai luhur kebudayaan, gotong-royong, dan saling menghargai antar sesama. Ia pun berkomitmen untuk membangun tatanan bersama dengan DPR RI agar regulasi dan kesepahaman bersama dapat tercipta, mendukung nilai-nilai Pancasila, dan membentengi negara dari gerakan radikal hingga terorisme.

Ia berharap dapat mendapatkan restu dan dukungan masyarakat Sulawesi Barat untuk mewujudkan visi dan misinya demi kemajuan dan kesejahteraan daerah tersebut serta Bangsa Indonesia secara keseluruhan. (*/)

News Feed