English English Indonesian Indonesian
oleh

Bimtek PPS dan PPK Meminimalisasi Kesalahan KPPS

MALILI, FAJAR — Minimalisir kesalahan KPPS. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur menggelar Bimtek dan Training of Trainers (ToT) PPS dan PPK. di Aula Kantor Dinas Pendidikan, Senin (22/01/24). 

Seluruh Badan Ad Hoc dalam hal ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Luwu Timur diberikan bekal terkait metode penghitungan suara. Sehingga nantinya, mereka memberikan bekal ke KPPS.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Luwu Timur, Indra Paningaran, mengatakan, Bimtek dan ToT bagi PPS dan PPK sangat penting. Sehingga nantinya tak ada kesalahan yang terjadi.

“Jadi bagaimana penggunaan aplikasi Sirekap ini juga tak kalah pentingnya. PPS dan PPK harus menyampaikan ini juga ke KPPS,” kata Indra Paningaran disela-sela kegiatan di Aula Kantor Dinas Pendidikan.

Lelaki yang akrab disapa Indra ini bilang, proses perhitungan cepat perlu dipahami dan dikuasai. Sehingga prosesnya tidak lama saat perhitungan suara.

“Semua KPPS juga nantinya di bimtek dan ToT. Bukan cuman perwakilan. Ke tujuh KPPS akan di bimtek sehingga semuanya paham bagaimana penghitungan suara. Jadi ini upaya meminimalisir Kesalahan-kesalahan KPPS,” imbuhnya. (ans)

News Feed