English English Indonesian Indonesian
oleh

Abrasi Makin Parah, Pesisir Pantai Takalala Bergeser 100 Meter

FAJAR, MASAMBA—Abrasi di Pantai Desa Takalala,  Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara,  kian parah. Dampaknya sangat dirasakan masyarakat. Pulau remaja yang ada di daerah ini sudah habis terkikis abrasi.


Kepala Desa Takalala, Rosaldi mengatakan, wilayah pesisir Desa Takalala saat ini sedang abrasi. “Bibir pantai habis terkikis,”kata Rosaldi kepada FAJAR, Kamis 18 Januari 2024.

Pesisir pantai terkikis akibat  hutan bakau menipis. Pantai remaja sudah hampir habis abrasi. Panjang pantai yang abrasi mencapai dua kilometer. Lebar mencapai 100 meter. Kondisi ini membuat Empang dan pemukiman warga terancam.


Untuk itu, pria yang akrab disapa Acang memprogramkan penanaman mangrove di bibir pantai. Pihaknya menyiapkan 1.000 pohon. Saat ini sedang menanam 500 pohon. Kemudian masih tersisa 500 pohon. “Kita akan menanam pohon mangrove kedepan untuk mengatasi abrasi,”paparnya.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Muslim Muchtar yang dikonfirmasi anggaran memberikan keterangan.(shd)

News Feed