English English Indonesian Indonesian
oleh

Dorong Peningkatan Produksi, Mentan Bagikan 130 Ribu Bibit dan 100 Traktor

BONE, FAJAR — Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman membagikan sebanyak 130 ribu bibit dan 100 traktor ke petani di Bone, Sinjai, dan Soppeng.

Itu dibagikan saat kunjungan Mentan ke Kecamatan Ponre, Bone, Senin, 15 Januari 2024.

Bone mendapatkan jatah sebanyak 60 ribu bibit, masing-masing 30 ribu bibit jagung dan 30 ribu bibit padi. Sedangkan Soppeng memperoleh 40 ribu, sebanyak 20 ribu untuk bibit jagung dan 20 ribu bibit padi.

Sinjai memperoleh sebanyak 30 ribu bibit, masing-masing 15 ribu bibit untuk jagung dan 15 ribu untuk padi.

Selain itu Bone juga mendapatkan sebanyak 50 unit traktor, Soppeng 30 unit, dan Sinjai 20 unit.

Amran menerangkan, pembagian bibit dan alat pertanian ini tak lain untuk menstimulus peningkatan hasil produksi pangan di Sulsel, khususnya kedua komoditas tersebut.

Ia mengharapkan petani bergerak cepat untuk melakukan penanaman. Harapannya panen raya tak mundur dan Indonesia bisa menghindari impor dari luar negeri.

“Jadi tolong percepat tanam, supaya tidak mundur (panen raya) supaya tidak impor (khususnya beras). Karena kalau begitu kita justru mensejahterahkan para petani negara lain (karena impor),” ujarnya.

Dia menjanjikan akan melipat gandakan bantuan tersebut ke tiga daerah ini jika peningkatan produksi pangan ini berhasil.

“Jadi kalau ini meningkat produksinya, saya akan tambah,” terang Amran.

Sementara itu, Pj Bupati Bone Andi Islamuddin menargetkan peningkatan 30 persen pangan di Bone dengan bantuan ini. Ini setelah pihaknya berkonsultask ke Dinas Ketahanan Pangan Bone.

News Feed