English English Indonesian Indonesian
oleh

Jokowi Keliling ASEAN Cari Investor IKN, Khawatir Tak Tuntas Sebelum Lengser?

JAKARTA, FAJAR – Ibu Kota Negara (IKN) jadi prioritas utama Jokowi. Apalagi, masa jabatannya tak lagi lama.

Hampir sepekan ini Presiden Joko Widodo keliling ASEAN. Dalam beberapa kesempatan, dia mengajak pengusaha dari negara yang dikunjunginya untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada saat lawatannya ke Brunei Darussalam akhir pekan ini, Jokowi beserta rombongan bertemu dengan konsorsium investor pengusaha. Dia memaparkan potensi investasi dan rencana pembangunan IKN.

“Ini adalah agenda strategis Indonesia dan bagian dari misi Indonesia Emas 2045 yang telah disetujui oleh parlemen. (Sudah) dibuat undang-undangnya yang disetujui 93 persen suara,” ujar  Jokowi dikutip Jawa Pos (grup FAJAR).

Kepala Negra menjelaskan, pemerintah Indonesia akan membangun IKN sebagai kota hutan yang pintar. Targetnya 70 persen area sebagai area hijau dan 80 persen transportasi merupakan transportasi publik yang berbasis energi hijau.

“Ini adalah komitmen untuk terus menjaga Pulau Kalimantan sebagai paru-paru dunia yang memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat,” tuturnya.
Energi Baru Terbarukan (EBT) menurutnya juga menciptakan magnet ekonomi baru.
Jokowi menyampaikan progres pembangunan inti yang telah mencapai 70 persen. Targetnya akan selesai pada pertengahan tahun ini.

Selain itu, saat ini juga telah banyak investasi yang masuk dan memulai pembangunan infrastruktur yang ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking.
“Ada 13 yang telah groundbreaking,” katanya.

Jokowi merincikan ada tiga rumah sakit, lima hotel, dan dua mal. Selanjutnya juga telah mulai dikerjakan training center untuk sepak bola, transportasi hijau, dan juga termasuk Nusantara Superblock.

News Feed