English English Indonesian Indonesian
oleh

Guru Kemenag Diguyur Rp306 M, Dana BOS Cair Bulan Ini

JAKARTA, FAJAR – Beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama (Kemenag) berfokus meningkatkan mutu guru. Total anggaran Rp306 miliar sudah dikucurkan.

Dana itu untuk kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan. Selain itu juga membangun komunitas belajar di kalangan guru.
Supaya anggaran bisa terserap efektif, Kemenag menyalurkannya melalui kelompok profesi guru di tingkat bawah.

Seperti melalui Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan sejenisnya. Kelompok profesi guru ini, umumnya tersebar hingga tingkat kecamatan-kecamatan.

Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag M Ali Ramdhani mengatakan anggaran tersebut bagian dari program Madrasah Education Quality Reform (MEQR) atau Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB). Program ini berjalan sejak 2021 hingga 2023.

Informasinya Kemenag masih menyusun petunjuk teknis (juknis) untuk tahun anggaran 2024. Tahun pertama, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp113 miliar. Dengan menyasar 71.379 orang guru dari 4.800 unit kelompok kerja.

Pada tahun berikutnya, alokasi anggarannya berkurang. Tetapi jumlah guru yang mengikuti pelatihan mengalami peningkatan. Anggaran yang dikucurkan itu dalam bentuk dana hibah atau block grant.

’’Sampai dengan 2023 total ada 12.741 kelompok kerja yang menerima manfaat dari program MEQR ini,’’ katanya, Minggu (14/1/2024).

Guru besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu mengatakan kelompok kerja yang mendapatkan kucuran dana itu, harus merealisasikan program pengembangan profesi guru yang sudah dirancang.
Sehingga bisa mendukung upaya penguatan dan perluasan akses pengembangan profesi di kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah.

News Feed