English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengukuhan Guru Besar Pepabri, Suasana Haru Saat Prof Apiaty Kenang Sang Suami Amin Syam

FAJAR, MAKASSAR-Prof. Dr.Ir.Hj Apiaty. K. Amin Syam, M.Si dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pengukuhan berlangsung, di Ballroom Pinisi 1 Hotel Claro Makassar, Jalan AP Pettarani No.3 Makassar, Senin, 15 Januari 2024

Pengukuhan dihadiri Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, Mayjen TNI (Purn) H.Andi Muhammad Bau Sawa Andi Mappanyukki, undangan dari kalangan eksekutif, politisi, kerabat, dan sejumlah tokoh Sulsel.

Dalam prosesi pengukuhannya, mantan Rektor Universitas Pepabri ini akan menyampaikan orasi ilmiah : “Tantangan Sektor Sosial Ekonomi Pertanian Dalam Menghadapi Era Transformasi Digital Dalam Sektor Agribisnis Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam Orasi Ilmiahnya, ada kejadian haru. Prof Apiaty tak berhenti meneteskan air mata. Dirinya mengingat perjuangannya bersama almarhum suami, Amin Syam.

“Semoga suami saya di alam sana bisa bangga dan melihat saya meraih gelar ini. Sampai saat ini arahannya untuk saya tak permah terputus,” tuturnya sembari menyeka air matanya.

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, Mayjen TNI (Purn) H. Andi Muhammad Bau Sawa Andi Mappanyukki mengatakan jika ini adalah perjuangan yang diperoleh dari jabatan akademik tertinggi, merupakan nokta sejarah yang akan tertulis tinta emas sejarah kehidupan seseorang.

“Saya atas nama pengurus Pepabri mengucapkan selamat dan sukses, semoga ilmu ini bermanfaat bagi bangsa dan negara,” ucapnya.

Jabatan Guru Besar yang diraih Hj Apiaty K Amin Syam, istri mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Mayjen (Purn) HM Amin Syam,  itu adalah berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor : 70878/M/07/2023.

Tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari Unit kerja  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX pada Universitas Pepabri Makassar, terhitung mulai 1 Desember 2023 dinaikkan jabatannya menjadi Profesor (NIDK) dalam bidang ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, dengan angka kredit sebesar 877,50. (wis)

News Feed