English English Indonesian Indonesian
oleh

Tahun Ini, Penyaluran Dana BOS Tercepat dalam Sejarah 

JAKARTA, FAJAR – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyalurkan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) tahap I awal 2024. Kali ini, penyaluran diklaim jadi yang tercepat sepanjang sejarah.

Pasalnya, dari total 419.218 satuan pendidikan, sudah 96 persen satuan pendidikan yang mendapat dukungan BOSP dalam penyelenggaraan pendidikannya. Penyaluran ini pun berhasil dilakukan pada Januari 2024 saja.

Ketua Tim Kerja Perencanaan, Evaluasi, dan Transformasi Digital, Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kemendikbudristek, Nandana Aditya Bhaswara mengungkapkan, percepatan penyaluran tersebut dilakukan dengan terus menjaga akuntabilitas pertanggungjawaban dari pengelolaan dana BOSP.
Optimalisasi pemanfaatan Dana BOSP didukung dengan penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang telah aktif digunakan di banyak satuan pendidikan.

”Sebanyak 216.793 atau 99,4 persen satuan pendidikan saat ini telah terintegrasi dengan SIPLah (Sistem Informasi Pengadaan Sekolah, red) serta Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD),” ujarnya, Minggu (18/2/2024).

Selain itu, keberpihakan pada satuan pendidikan menjadi fokus utama Kemendikbudristek dalam merelaksasi ketentuan syarat penyaluran dana BOSP tahap I. Termasuk, memperhitungkan pertanggungjawaban penatausahaan pada penyaluran tahap II.

Artinya, desain pelaporan dan seluruh pertanggungjawabannya pada penyaluran tahap II.

 
Sebelumnya, pelaporan dana BOSP pada Januari menjadi syarat utama pencairan, kemudian tahun ini pelaporan tersebut dipindahkan menjadi penyaluran tahap II.

News Feed