English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Respons Taufan Pawe Nama Jembatan Kembar Diganti dan Diresmikan Kembali

FAJAR, PAREPARE — Jembatan Kembar kembali diresmikan dengan nama Jembatan Akbar. Jembatan Akbar diresmikan langsung oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin pada Selasa, 9 Januari lalu.

Padahal sebelumnya, nantan gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman telah meresmikan jembatan tersebut pada Maret 2023 lalu. Peresmian jembatan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Wali Kota Parepare Taufan Pawe saat itu.

Bantuan keuangan senilai Rp30 miliar diberikan oleh Pemprov Sulsel untuk pembangunan jembatan tersebut pada jalan lingkar atau suaka alam lestari di Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare.

Jembatan ini didesain menjadi dua lajur. Panjang jembatan sekitar 80 meter dengan panjang jalan penghubung 40 meter dan lebar jembatan sekitar dua meter.

Kehadiran jembatan ini diharapkan dapat mengurai beban dan kemacetan selama ini di Jembatan Sumpang Minangae.

Mantan wali kota Parepare Taufan Pawe melalui juru bicaranya, Zulham Arief mengatakan, bahwa yang membuat perencanaan dan merintis jembatan tersebut adalah Taufan Pawe yang menjadi Wali Kota Parepare saat itu.

“Yang mencanangkan ide membuat jembatan adalah beliau (Taufan Pawe) dan direspons baik oleh Pak Andi Sudirman. Dan itu sudah diresmikan pada saat hari jadi Parepare (2023),” katanya kepada FAJAR.

Zulham menambahkan, bahwa namun yang paling penting masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan jembatan tersebut. Walaupun memang sudah lama selesai.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, utamanya Bapak Gubernur Sulsel pada saat itu Andi Sudirman yang berkolaborasi dengan Pemkot Parepare waktu Bapak Taufan masih wali kota dalam bersinergi anggaran,” tambahnya.

News Feed