English English Indonesian Indonesian
oleh

Drawing Exhibition Akhir Tahun, Pameran Bertajuk Perspektif Dihelat

FAJAR, MAKASSAR-Akhir tahun 2023 ini, 9 seniman komitmen secara swadaya menghelat event Drawing Exhibition yang bertajuk “Perspektif ” di Galeri Uwake. Melalui pameran ini dihadiri berbagai komunitas seni, pelajar serta para seniman yang dibuka oleh Subhan sebagai perwakilan dari Taman Budaya & Museum Sulawesi Barat pada Jumat, 29 Desember 2023, pukul : 19. 30 WITA. Pameran ini berlangsung sampai 7 Januari 2024.

Dari undangan serta informasi yang terbuka bagi seluruh seniman untuk mengikuti event ini, terdata 9 Peserta pameran yang sempat mengumpulkan karyanya, diantaranya adalah : Azis, Cuky Kurcaci, Goku Art, Rahmat Polanagau, Ridai, Rahmat Muchtar, Ramli Rusli, Tamsil, Uchu Gede. Yang unik dan istimewa pada pameran ini karena khusus menampilkan karya-karya drawing yang secara spesifik memakai media pensil, pulpen, spidol, konte serta media campuran lainnya di atas kertas, kardus, kursi, gerabah, kayu dll.

Adapun tujuan mulia dari event Drawing Exhibition ini adalah selain sebagai mengokohkan silaturahim juga sebagai sarana penguat serta sugesti agar sesama seniman terus bersemangat untuk melahirkan karya-karya yang baru serta sebagai edukasi dan pertanggung jawaban kepada publik lewat berbagai gagasan serta perspektif masing-masing seniman dalam melihat fenomena perkembangan sosial politik dan kebudayaan yang dinamis.

Pameran seni rupa khusus drawing ini merupakan yang ke 2 kalinya dihelat di Sulawesi Barat. Pertama tahun 2022 di Taman Budaya dan Museum Sulbar dengan tema Oase Garis, dan kedua kalinya ini 2023 bertema Perspektif, yang memilih dihelat di Galeri Uwake. Suatu galeri seni rupa bertitik di Tinambung yang aktif memberikan ruang berpameran bagi para seniman, baik pameran tunggal dan berkelompok.

Beberapa rangkaian kegiatan pameran yang direncanakan dalam event ini berupa wawancara konsep karya seniman yang dirilis lewat video di medsos, diskusi bersama seniman (mengadirkan pelajar ke Galeri Uwake untuk bertanya dan berdiskusi seputar karya-karya yang dipamerkan.

Pada pembukaan pameran, turut pula Ramli Rusli memberikan sambutan sebagai perwakilan peserta pameran, budayawan Suradi Yasil dan Tammalele yang meditatif curahkan petuah, semangat serta vitamin bagi para generasi.

Pameran yang pembukaannya disetting bersamaan dengan acara Semesta Uwake (syukuran akhir tahun 2023), menampilkan pertunjukan musik dan baca puisi oleh Lingkar Uwake, Sanggar Sisalili, Onedo, teman- teman dari Mombi, Komunitas Gesek, person/senior TF. (*)

News Feed