English English Indonesian Indonesian
oleh

PSI Target 13 Juta Suara

FAJAR, MAKASSAR-Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menetapkan target tinggi dalam Pemilu 2024, yaitu memperoleh 8 persen atau sebanyak 13.107.662 suara. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum DPP PSI Sulsel, Kaesang Pangarep, yang menekankan bahwa mencapai target tersebut memerlukan perolehan kursi di semua tingkatan parlemen. Termasuk Sulsel bisa menyumbang kursi.

“DPR RI, kami harapkan tiga dapil itu masing-masing bisa dapat satu kursi. Soal survei itu ya gak papa, kami jadikan acuan untuk bekerja lebih giat lagi,” ujar Kaesang Pangarep pasca Kopdarwil PSI Sulsel 2023 di Hotel Claro Makassar, Selasa, 12 Desember.

Sementara Ketua DPP PSI, Faldo Maldini, menyatakan perlunya strategi internal partai untuk mencapai target tersebut. Dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 204.807.222 pemilih, PSI dituntut untuk meraih 8 persen dari total tersebut. “Jadi semangat kita bukan hanya masuk Parliamentary Threshold, tetapi lebih dari itu,” tegas Faldo Maldini.

Para caleg dan kader pun harus bekerja lebih keras. Ia mengklaim PSI sudah mengalami kemajuan 3 kali lipat lebih besar dibanding 2019. Itu didukung dengan data survei. Namun, kader diminta bekerja sepuluh kali lipat supaya dapat 8 persen.”Sebar baliho, turun ke masyarakat, door to door, supaya kita bisa dapat target itu,” terang Sekretaris Bappilu DPP PSI ini.

Sekjen PSI, Raja Juli Antoni juga menyatakan optimisme yang tinggi dan menekankan pentingnya kerja keras para caleg dan kader. ”Saya tidak pernah merasa seoptimis ini. Ini kesempatan emas. Belum tentu ada kesempatan emas seperti ini lagi, dimana kita punya koneksi langsung ke Presiden, Ketum kita anak Pak Presiden dan kebetulan Masnya Mas Kaesang ini Cawapres,” kata dia.

Dia pun meminta kepada seluruh caleg untuk memasang foto terbaiknya bersama Kaesang. Tujuannya, agar masyarakat sampai pelosok bisa mengenal lebih jauh sepak terjang dan program PSI bersama Kaesang.

“Mas Kaesang elektabilitasnya naik drastis. Tetapi masih ada yang belum tahu kalau Mas Kaesang ini Ketum PSI. Jadi bro dan sis para caleg, pasang foto terbaiknya bersama Mas Kaesang di baliho,” terangnya.

Dia juga mewanti-wanti agar sesama caleg tidak saling bersinggungan. Para caleg saling support dan sportif, sehingga siapapun yang mendapat suara terbanyak harus duduk di parlemen.

“Saya tegaskan malam ini, saya ini sekjen, salah satu pendiri PSI yang juga caleg. Tetapi kalau di dapil saya suara saya bukan yang terbanyak, maka suara terbanyak akan tetap kita antarkan ke gedung DPR atau DPR,” tegasnya.

Sekretaris DPW PSI Sulsel Maqbul Halim mengaku sudah sangat siap menerima instruksi dari pusat. Dia bahkan mengaku semua strukturnya sudah bertempur di lapangan untuk merealisasikan target kursi.

“Rakorwil ini untuk mempersiapkan pengurus DPW dan DPD berikut calegnya dalam menghadapi pencoblosan. Itu yang dipermantap. Karena strategi kan sudah dilakukan di Jakarta, ini cuma konsolidasi supaya lebih solid,” ucapnya.

Pada intinya, Kopdarwil ini kata dia, untuk memberi ruang kepada Ketua Umum, Kaesang Pangarep agar bisa mengenal kultur Sulsel dan berinteraksi secara langsung bersama kader, pengurus, dan caleg-calegnya. Apalagi, kali pertama datang ke Makassar. “Kalau instruksi pasti ada, termasuk rekrutmen saksi dan jaringan pemenangan yang sudah disusun,” tuturnya. (wid/ham)

News Feed