English English Indonesian Indonesian
oleh

Maksimalkan Penggunaan Energi Baru Terbarukan, Tonasa Dorong Konservasi Energi

FAJAR, PANGKEP- Semen Tonasa terus mendorong optimalisasi penggunaan energi baru terbarukan. Perusahaan persemenan yang terletak di Kabupaten Pangkep memiliki fokus terhadap konservasi energi.

Itu disampaikan Direktur Operasi PT Semen Tonasa Mochamad Alfin Zaini bahwa, Semen Tonasa senantiasa memiliki concern dalam hal konservasi energi, optimalisasi penggunaan energi baru terbarukan, serta pengelolaan lingkungan.

Bahkan, katanya komitmen ini tersirat jelas dalam visi dan misi perusahaan. Disebutkan bahwa, sebagai bentuk implementasi pengelolaan energi di perseroan, Semen Tonasa telah menerapkan ISO 50001 sejak beberapa tahun lalu.

“Sekaligus menjadi yang pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat tersebut. Impactnya, penerapan sistem manajemen energi ini membantu perusahaan dalam hal efisiensi biaya energi,” jelasnya saat hadir sebagai narasumber pada pelaksanaan Sosialisasi PP No. 33 Tahun 2023 tentang Konservasi Energi, berlangsung di Hotel Gammara Makassar, Rabu, 23 November.

Lebih lanjut disampaikan bahwa, pada tahun 2019 hingga tahun 2022, PT Semen tonasa telah menghemat energi sekitar 4.370 TJ serta kurang lebih USD 16 juta biaya energi. Penghematan ini juga turut mereduksi CO2 435 kT.

“Dan alhamdulillah, berkat kerja keras dan dukungan seluruh pihak, di tahun ini kami berhasil mendapatkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial,” sambungnya.

Olehnya itu, pihaknya menyebut berbagai upaya dilakukan untuk mendorong optimalisasi energi baru terbarukan itu, termasuk dengan penggunaan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

News Feed