English English Indonesian Indonesian
oleh

Laga Perdana Cabor Basket 3×3 di POMNas XVIII, Tim Basket Sulsel Menang Telak Atas Sumsel

FAJAR, BANJARMASIN-Kontingen Bapomi Sulawesi Selatan memulai perjalanan mereka di Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XVIII dengan penuh semangat dalam pertandingan perdana cabor basket nomor tanding 3×3 putra. Di Gor Hasanuddin Banjarmasin, tim Sulsel berhasil menaklukkan tim Sumatera Selatan dengan skor akhir 21-8, Minggu, 12 November 2023.

Pertandingan berlangsung di Pool B, di mana Sulsel juga akan berhadapan dengan DKI Jakarta dan Kaltim untuk memperebutkan posisi unggul di pool tersebut. Manajer tim, Munawir, mengungkapkan, awal pertandingan tim Sulsel agak kesulitan untuk mencetak angka, namun mereka berhasil menemukan ritme permainan di pertengahan laga.

“Dari awal, kami mungkin sedikit kewalahan, tetapi di pertengahan permainan, tim mulai menemukan irama permainannya dan mencetak angka demi angka melalui point shoot 1 dan 2,” ujar Munawir.

Pertandingan 3×3 memiliki aturan dan karakteristiknya sendiri. Lapangan berukuran 15×11 meter dengan satu ring, dan durasi permainan hanya satu babak dengan waktu 10 menit. Sistem poinnya juga unik, dua poin untuk tembakan di luar garis threepoint dan satu poin dari dalam area two point. Untuk 3×3 ini ada batas poin untuk menang. Tim manapun yang berhasil menyentuh angka 21 poin sebelum menit laga berakhir maka bisa dinyatakan sebagai pemenang.

Manajer yang akrab disapa Awi menjelaskan bahwa besok pagi tim Sulsel akan menghadapi tim basket DKI Jakarta, salah satu tim terkuat dalam POMNas XVIII. Meskipun mengakui kekuatan lawan, Awi menegaskan bahwa tim Sulsel bukan lawan yang bisa dianggap enteng oleh tim lain. “Mohon doanya, besok (Senin, 13 November, red) pagi kami berhadapan dengan DKI Jakarta yang dalam penilaian kami salah satu tim terkuat pada POMNas XVIII. Tapi tim Sulsel juga tim yang tim lain tidak bisa anggap enteng,” tambahnya. (*/)

News Feed