English English Indonesian Indonesian
oleh

LAZ Hadji Kalla dan LPPM Kalla Institute Gelar Program Pelatihan Pemberdayaan Pesantren

FAJAR, MAKASSAR — LAZ Hadji Kalla bersama dengan LPPM Kalla Institute,  gelar Pelatihan Pemberdayaan Pesantren Mandiri. Program inovatif ini bertujuan memberdayakan dan meningkatkan kapasitas tujuh pesantren terpilih di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara untuk mencapai kemandirian yang berkelanjutan, Kamis, 9 November 2023.

Program pelatihan ini fokus pada berbagai aspek yang sangat penting dalam manajemen usaha pesantren, pengelolaan usaha mandiri pesantren, serta pelayanan konsumen. Bimbingan dan pengetahuan yang diberikan diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan mereka, mengelola aset mereka dengan lebih efisien, dan secara keseluruhan berkembang menjadi entitas yang lebih mandiri.

Pesantren yang terpilih untuk program inovatif tersebut sebelumnya melalui proses seleksi yang ketat. Adapun pesantren yang terpilih dan bisnis yang dikembangkan diantaranya, Pesantren Al Zakiyah Malela, Luwu, Sulawesi Selatan – (Depot Air Galon), Pesantren Yayasan Fatahuddin, Maros, Sulawesi Selatan – (Mini Market), Pesantren Nurul Hidayah Al Mincis, Kolaka, Sulawesi Tenggara- (Usaha Industri Kripik Pisang), PPS TQ Yapid At Taubah, Polman, Sulawesi Barat – (Toserba), Pesantren Bahrul Ulum, Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah – (Mini Market), Pesantren Wihdhatul Ummah, Poso, Sulawesi Tengah – (Depot Air Galon), PPS Raudhatul Fitrah, Morowali Utara, Sulawesi Tengah – (Mini Market).

Materi pelatihan mencakup berbagai topik, seperti perencanaan strategis, model  bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan pelayanan pelanggan. Program ini juga akan mencakup praktik terbaik dalam pengelolaan pesantren yang efektif dan berkelanjutan.

News Feed