English English Indonesian Indonesian
oleh

SMA Hang Tuah Makassar Tingkatkan Kemampuan Literasi Guru dan Siswa

FAJAR, MAKASSAR-SMA Hang Tuah Makassar menggelar workshop peningkatan kemampuan literasi guru dan siswa, Rabu, 8 November 2023, di Gedung Salemo. Acara ini dihadiri oleh 400 peserta dan menghadirkan deklarator Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia Pusat, Bachtiar Adnan Kusuma.

Materi yang dibawakan dalam workshop ini adalah “Revolusi Mental dan Budaya Baca Masyarakat (Strategi Jitu Membaca Menjadi Industri Kreatif)”. Kepala Sekolah SMA Hang Tuah, Nasrul, berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dan guru di sekolah tersebut.

Tujuan dari kegiatan literasi ini adalah mengembangkan kemampuan membaca, memahami, berpikir kritis, dan mengolah kemampuan komunikasi secara kreatif siswa-siswi SMA Hang Tuah Makassar, serta mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

Bachtiar Adnan Kusuma dalam penyampaiannya merasa senang karena seluruh siswa-siswi sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Bagi beliau, menulis buku adalah pilihan hidupnya, dan literasi adalah jalan hidupnya.

Ia juga mengusulkan agar sekolah membentuk sebuah gerakan literasi sekolah yang melibatkan seluruh masyarakat SMA Hang Tuah, termasuk siswa, guru, dan karyawan. Salah satu usulnya adalah agar setiap individu di sekolah membaca selama 20 menit di perpustakaan setiap harinya.

Selain itu, setiap siswa, guru, dan karyawan diharapkan menulis satu lembar setiap harinya. Hasil tulisan tersebut akan diterbitkan dan dijadikan sebagai referensi dan koleksi bahan pustaka di perpustakaan SMA Hang Tuah. Beliau juga mengingatkan bahwa budaya membaca dan menulis dimulai dari minat, motif, dan kebutuhan, sehingga membaca merupakan kebutuhan primer.

Setelah kegiatan ini, peningkatan kemampuan literasi di SMA Hang Tuah Makassar akan lebih ditingkatkan lagi dengan meluncurkan gerakan literasi sekolah, yaitu Klub Buku Hang Tuah. (*/)

News Feed