English English Indonesian Indonesian
oleh

FIB Unhas Kenalkan Budaya Lokal Melalui Permainan Kreatif di SDN Lakkang

FAJAR, MAKASSAR-Fakultas Ilmu Budaya melakukan pengabdian di SDN Lakkang pada Sabtu, 4 November 2023. SDN Lakkang dipilih mengingat lokasinya berada dekat dengan UNHAS namun terlihat jauh di mata.

Selain itu, pengabdian yang bertema “Pengenalan Metode Belajar Kreatif Melalui Kebudayaan Lokal maupun Internasional” menawarkan 4 proses pembelajaran kreatif diantaranya pembelajaran edukasi budaya Jepang; pengenalan sejarah Lakkang; pengenalan arkeologi melalui permainan edukatif; serta pengenalan edukasi Lontara. Siswa yang turut berpartisipasi berjumlah 110 orang yang terdiri dari kelas 3 s.d kelas 6 SD.

Kegiatan ini juga sebagai silaturrami antara Fakultas Ilmu Budaya dengan Kelurahan Lakkang dan SDN Lakkang.

“Kami segenap civitas akademik FIB berterima kasih atas sambutan hangat yang diberikan sebagai agenda pengabdian. Kelurahan Lakkang dipilih karena posisinya dekat dari kampus, namun tidak banyak yang sadar hal itu. Padahal anak-anaknya juga memiliki potensi besar sebagai penerus bangsa. Saya bertanya kepada seorang siswa, cita-citanya mau jadi apa? Dia menyebutkan ingin jadi polisi, tentara, dan anggota dewan. Saya tertarik menanyakan kenapa anggota dewan? Karena anggota dewan orang yang kaya raya. Ironinya profesi dosen belum terbersit di mereka, padahal kelurahan ini bersampingan dengan kampus. Sehingga, perlu pengayaan, agar kampus juga hadir di masyarakat sekitar kampus Unhas ini,” ujar Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB Unhas, Mardi Adi Armin.

Silaturrahmi dilanjutkan dengan penyampaian inovasi dan kerja sama yang telah dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Inovasi dan Kemitraan FIB Unhas, Kaharuddin.

Kemudian ditanggapi hangat oleh Kepala Lurah Lakkang, Irwan Rahim yang mengharapkan adanya kegiatan berkelanjutan antara FIB Unhas dengan Kel. Lakkang.

Ia juga mengharap adanya kemudahan bagi pemuda pemudi Lakkang dapat melanjutkan studi di Unhas.

Terakhir, Kepala Sekolah SDN Lakkang, Nuriyati, menyampai rasa berterima kasih dan ucapan maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdapat keterbatasan sarana prasarana terutama toilet dan air bersih. Agenda pengabdian ini merupakan rangkaian acara DIES FIB Unhas yang ke-63 tahun. Puncak acaranya pada tanggal 9 Desember 2023. (*)

News Feed