English English Indonesian Indonesian
oleh

Dikukuhkan, 28 Persen Peserta Wisuda Poltekbos Sudah Bekerja

FAJAR, MAKASSAR- Politeknik Bosowa (Poltekbos) mengukuhkan lulusan baru di Gedung 45, Kampus Universitas Bosowa, Kamis, (25/10/2023).

Direktur Poltekbos, Alang Sunding mengatakan pengukuhan ini, diikuti 49 wisudawan yang hadir bersama orangtuanya. Hebatnya, sejumlah wisudawan sudah diterima diberbagai perusahaan.

“Kalau ini ada 28 persen sudah kerja. Kami sudah survey 5 tahun terakhir. Bahkan di angkatan pertama di angka 72 persen bekerja sebelum 6 bulan,” ucapnya.

Alang Sunding pun membagikan tips kesuksesan Poltekbos dalam melahirkan lulusan kompeten. Program 3-2-1 menurutnya menjadi kunci lulusan Poltekbos cepat diserap dunia kerja.

“3 semester untuk dasar-dasar pengetahuan, 2 semester di Industri, dan 1 semester kembali untuk bikin tugas akhir,”jelasnya.

Praktek langsung di dunia Industri menurutnya sangat penting. Mengingat sebagai pendidikan vokasi, mahasiswanya harus lebih dekat dengan terjun di lapangan. Itu sebuah keunggulan, dilakukan program praktek industri dua semester atau 8 bulan bahkan perhotelan 10 bulan.

“Secara umum kita lihat tadi paling banyak (dapat pekerjaan) Prodi Teknik listrik, kemudian PPM (Perawatab dan Perbaikan Mesin), Teknik Mekatronika dan Perpajakan. Tahun ini beda, biasanya perhotelan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda sekaligus Dosen perpajakan Poltekbos, Sri Nirmalasari mengatakan dari lima prodi hari ini, prodi perpajakan yang mendominasi wisuda.

“Rata-rata mereka ini sudah ada yang menawari pekerjaan. Ada yang juga sudah bekerja,” tuturnya.(wis)

News Feed