English English Indonesian Indonesian
oleh

Prodi BSA FAH Gelar Seminar Internasional Bertajuk Balaghah dan Stilistika Al-Qur’an

GOWA, FAJAR — Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Seminar Internasional bertajuk “Balaghah dan Stilistika Al-Qur’an”, Jumat, 13 Oktober 2023. Seminar ini menjadi sebuah tonggak penting dalam pengembangan Bahasa Arab dan penafsiran Al-Qur’an di lingkup akademik UIN Alauddin Makassar.

Dalam rangkaian seminar ini, dua narasumber utama berkompeten di bidang Bahasa dan Sastra Arab dan Al-Qur’an diundang. Yaitu Dr Adama Ilbodo Isa MA dari Universitas Al-Azhar Mesir, dan Dr Moh Harjum, MAg, Dosen Senior Bahasa dan Sastra Arab di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar.

Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab, H. Baso Pallawagau, M.A, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa tujuan dari seminar internasional ini adalah untuk memperkuat pengembangan bahasa Arab bagi mahasiswa, memberikan perspektif baru dalam pemahaman Al-Qur’an, dan meningkatkan kinerja akademik prodi. Ia juga menekankan pentingnya agenda semacam ini untuk masa depan pendidikan di prodi BSA.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. H. Barsihannor, M.Ag, juga menyambut baik penyelenggaraan seminar internasional ini. Beliau memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada prodi, narasumber, dan peserta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dekan berharap bahwa seminar semacam ini akan menjadi tradisi akademik mahasiswa yang harus terus digalakkan.

Dalam sesi pemaparan materi, kedua narasumber utama, Dr. Adama Ilbodo Isa dan Dr. Moh. Harjum, memberikan wawasan yang mendalam mengenai keunikan bahasa Al-Qur’an yang berkaitan dengan balagah dan stilistika. Mereka mengulas bagaimana unsur-unsur bahasa Al-Qur’an menambah kekayaan pemahaman dan kekaguman yang mendalam terhadap Al-Qur’an, sebagai karya sastra terbesar dalam sejarah Islam.

News Feed